Dilaunching, Majelistabligh.id Usung Jurnalisme Profetik
Shilihin Fanani, Waluyo, Syamsul Ma'arif, Sholihul Huda, Abdul Basith, dan Slamet Muliono. foto: rois/mt
UM Surabaya

Portal dakwah majelistabligh.id dilaunching bertepatan dengan kegiatan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) 1 Majelis Tabligh PWM Jatim di Aula KH Mas Mansur PWM Jatim, Sabtu (19/8/2023).

Dalam acara itu hadir Wakil Ketua PW Jatim Dr M. Sholihin Fananai, Dr Waluyo MA (Wakil Majelis Tabligh PP Muhammadiyah), Ketua Majelis Tabligh PWM Jatim Abdul Basith M PdI, dan perwakilan pengurus majelis tabligh dari 38 kabupaten/kota di Jatim.

“Kehadiran portal official Majelis Tabligh PW Jatim ini sebagai respons dan pengembangan dakwah Muhammadiyah di era digital,” ujar Dr Slamet Muliono Redjosari, pemimpin redaksi majelistabligh.id.

Dia lalu menjelaskan majelistabligh.id mengusung ideologi jurnalisme profetik yang menginisiasi berpikir wasathiyah yang mengedepankan sikap moderasi beragama dengan menggulirkan konten-konten dakwah melalui ceramah, tulisan, serta kegiatan sosial keagamaan.

“Kami menjalankan tugas-tugas jurnalistik selalu berpegang teguh terhadap etika atau akhlak yang berdasarkan pada sifat para nabi,” tegas Slamet.

Dia menegaskan, majelistabligh.id prinsip kejujuran, kepercayaan, selalu cek dan ricek, punya kecerdasan dalam menyampaikan gagasan dan pemikiran, dan selalu membangkitkan optimisme pembacanya.

“Harapannya, majelistabligh.id bisa menjadi sumber inspirasi bagi tersebarnya Islam yang rahmatan lil alamin,” katanya.

Dr Sholihul Huda, dewan pakar majelistabligh.id, menambahkan, pilihan ideologi profetik sebagai basis jurnalisme sangat tepat di tengah era digital yang liberalisme dan kapitalistik.

“Kita berhadapan di era digital yang penuh hoax, pornografi, kekerasaan, penipuan dan sebagainya,” katanya.

“Jurnalisme profetik adalah ideologi dakwah digital yang mengusung dakwah ajaran Rasulullah saw, yaitu menyeru kepada kebaikan (amar ma’ruf), mencegah kemungkaran (nahi munkar), serta percaya sepenuhnya kepada Allah SWT sebagai Zat yang maha segala-galanya,” timpalnya. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini