Doa, Usaha dan Tawakal
foto: islam.ca
UM Surabaya

*) Oleh: Ferry Is Mirza

Usaha tanpa doa itu sombong, doa tanpa usaha itu sama dengan mimpi siang bolong.

“Iringi doa dan usaha untuk pencapaian yang maksimal.”

Tawakal bukan hanya pasrah. Perlu diketahui bahwa tawakal bukanlah hanya sikap bersandarnya hati kepada Allah semata. Namun juga disertai dengan melakukan usaha.

Ibnu Rajab mengatakan bahwa menjalankan tawakal tidaklah berarti seseorang harus meninggalkan sebab atau sunatullah yang telah ditetapkan dan ditakdirkan.

Karena Allah memerintahkan kita untuk melakukan usaha sekaligus juga memerintahkan kita untuk bertawakal.

Oleh karena itu, usaha dengan anggota badan untuk meraih sebab termasuk ketaatan kepada Allah, sedangkan tawakal dengan hati merupakan keimanan kepada-Nya.

Sebagaimana Allah Ta’ala telah berfirman (yang artinya), “Hai orang-orang yang beriman, ambillah sikap waspada.” (QS. An Nisa : 71)

Allah juga berfirman (yang artinya), “Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang.” (QS. Al Anfaal : 60)

Juga firman-Nya yang artinya: “Apabila telah ditunaikan salat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah” (QS. Al Jumu’ah : 10)

Dalam ayat-ayat ini terlihat bahwa kita juga diperintahkan untuk melakukan usaha.

Sahl At-tusturi mengatakan, “Barang siapa mencela usaha (meninggalkan sebab) maka dia telah mencela sunatullah (ketentuan yang Allah tetapkan).

Barang siapa mencela tawakal (tidak mau bersandar pada Allah, pen) maka dia telah meninggalkan keimanan. (Jami’ul Ulum wal Hikam)

Perbanyaklah berselawat saudaraku. Panggil terus Rasulallah shalallahu alayhi wasallam dengan cara berselawat kepadanya. Mustahil jika panggilanmu diabaikan.

Semoga Allah senantiasa menolong segala urusan kita dengan petunjuk jalan lurus dan rahmat dari sisi-Nya.

Semoga kita semua bisa mengisi hari-hari dengan amal saleh serta dalam keadaan sehat, bahagia dan bersyukur selalu.

“Yaa Allah, semoga Engkau limpahkan rahmat dan keberkahan kepada kami dengan penuh kebajikan dan iman, serta keselamatan dari segala macam bentuk musibah dan marabahaya”. Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini