Jangan Pernah Menyerah dalam Berdoa
UM Surabaya

*) Oleh: Ferry Is Mirza

Karena kita selalu butuh pada Allah Yang Maha Kaya

Allah Ta’ala berfirman:

“Wahai manusia! Kamulah yang memerlukan Allah; dan Allah Dialah yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu), Maha Terpuji.” (QS. Fathir : 15)

Teruslah berdoa dan hanya memohon kepada Allah Yang Maha Pemurah, karena sesungguhnya Dia Maha Kaya, kekayaan-Nya sesuai dengan kemuliaan dan keagungan-Nya.

Allah ‘Azza Wa Jalla berfirman:

“Dan sesungguhnya Dialah yang memberikan kekayaan dan kecukupan.” (QS. an-Najm : 48)

Allah Subhanahu Wa Ta’ala Maha Kaya dengan zat-Nya, yang memiliki kekayaan yang mutlak dan sempurna dari seluruh sisi dan pandangan lantaran kesempurnaan zat-Nya dan sifat-Nya yang tidak tersentuh oleh kekurangan dari arah mana pun.

Ini tidak mungkin terjadi kecuali karena Allah Ta’ala adalah Zat yang Maha Kaya dan lantaran sifat kaya (berkecukupan) sudah lazim pada zat-Nya.

Sebagaimana Allah Ta’ala Maha Pencipta, pemberi rezeki, dan Maha Pengasih serta yang melimpahkan kebaikan, maka Allah Ta’ala juga Maha Kaya, tidak membutuhkan seluruh makhluk dari sisi mana pun.

Para makhluk-Nya itu pasti membutuhkan-Nya dalam kondisi apa pun. Mereka tidak bisa mengesampingkan curahan kebaikan, kemurahan, pengaturan dan pemeliharaan-Nya, baik yang bersifat umum maupun khusus dalam sekejap mata sekalipun.

Luruskan niat, sucikan serta ikhlaskan hati hanya untuk mendapatkan keridaan dan pahala dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala semata.

Semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat dan dapat kita amalkan. Jazakumallahu khairon. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini