Memahami Arti Penting dari Surga Di Telapak Kaki Ibu
foto: islamic-relief.org.uk
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Your mother is the key to your heaven.”
(Ibumu adalah kunci surgamu)

Dalam kehidupan kita, ibu merupakan sosok yang paling dekat dengan kita sejak lahir. Tak terhitung kasih sayang, perjuangan, dan pengorbanan yang telah diberikan oleh seorang ibu kepada anak-anaknya.

Dalam ajaran Islam, posisi seorang ibu sangat dihormati dan dihargai. Hal ini tertuang dalam hadits Nabi Muhammad Saw yang mengatakan bahwa surga berada di telapak kaki ibu.

Dikeluarkan oleh Imam an-Nasâ-i (6/11), al-Hâkim (2/114 dan 4/167) dan ath-Thabrani dalam al-Mu’jamul Kabîr (2/289), dengan sanad mereka dari Mu’awiyah bin Jahimah as-Sulami bahwa ayahnya Jahimah as-Sulami radhiyallahu anhu datang kepada Nabi Muhammad saw dan berkata:

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَدْتُ أَنْ أَغْزُوَ وَقَدْ جِئْتُ أَسْتَشِيرُكَ فَقَالَ هَلْ لَكَ مِنْ أُمٍّ قَالَ نَعَمْ قَالَ فَالْزَمْهَا فَإِنَّ الْجَنَّةَ تَحْتَ رِجْلَيْهَا

“Wahai Rasûlullâh! Aku ingin ikut dalam peperangan (berjihad di jalan Allâh Azza wa Jalla ) dan aku datang untuk meminta pendapatmu.”

Maka Rasûlullâh shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Apakah kamu mempunyai ibu?” Dia menjawab, “Ya.”

Rasûlullâh shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tetaplah bersamanya! Karena sesungguhnya surga ada di bawah kedua kakinya.”

Hadis ini menegaskan betapa penting dan mulianya posisi seorang ibu dalam kehidupan kita.

Berikut bunyi hadis yang diriwayatkan oleh Dari Abu Hurairah ra:

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: جاء رجل إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال: يا رسول الله، مَنْ أحقُّ الناس بِحُسن صَحَابَتِي؟ قال: «أمك» قال: ثم مَنْ ؟ قال: «أمك»، قال: ثم مَنْ؟ قال: «أمك»، قال: ثم مَنْ؟ قال: «أبوك». متفق عليه. وفي رواية: يا رسول الله، مَنْ أحقُّ بحُسْنِ الصُّحْبَةِ؟ قال: «أمك، ثم أمك، ثم أمك، ثم أباك، ثم أدْنَاك أدْنَاك»

“Dari Abu Hurairah raḍiyallāhu ‘anhu, ia berkata, Seorang lelaki datang kepada Rasulullah ṣallallāhu ‘alaihi wa sallam lalu berkata, “Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak aku pergauli dengan baik?”

Beliau bersabda, “Ibumu.” Orang itu bertanya lagi, “Lalu siapa?” Beliau menjawab, “Ibumu.” Orang itu bertanya lagi, “Kemudian siapa?”

Nabi bersabda, “Ibumu.” Orang itu bertanya lagi, “Lalu siapa?” Beliau bersabda, “Bapakmu.” Muttafaq ‘alaih.

Hadis ini menunjukkan betapa tingginya kedudukan seorang ibu dalam Islam. Rasulullah saw menegaskan bahwa seorang anak harus memprioritaskan penghormatan dan perhatian kepada ibunya sebelum ayah atau orang lain.

Faktanya, Nabi Muhammad saw menegaskan hal ini sebanyak tiga kali sebelum menyebutkan ayah.

Jadi surga di telapak kaki ibu merupakan simbol penghargaan kepada pengorbanan dan kasih sayang yang telah diberikan oleh seorang ibu.

Sebagai anak, kita diajarkan untuk menghargai, menghormati, dan menyayangi ibu kita sesuai dengan ajaran Islam.

Selain itu, kita juga diajarkan untuk berbakti kepada ibu, membantu meringankan beban yang mereka tanggung, serta mendoakan keselamatan dan kebahagiaan mereka di dunia dan akhirat.

Semoga kita, sebagai anak, dapat memahami arti penting dari surga di telapak kaki ibu dan bisa terus berbakti kepada orang tua kita, khususnya ibu.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini