Empat Ciri Wanita yang Dirindukan Surga
foto: stock.adobe.com
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan,S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Be the woman that heaven longs for.”
(Jadilah wanita yang dirindukan surga)

Wanita memiliki posisi yang sangat penting dalam Islam. Banyak dalil yang menunjukkan bahwa wanita berhak mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah SWT apabila mereka menjalankan perintah-Nya dengan baik.

Berikut ini wanita yang berhak mendapatkan tempat yang mulia dan dirindukan surga:

Pertama, menjaga kehormatan dan kesucian diri.

Salah satu cara bagi wanita untuk meraih surga adalah dengan menjaga kehormatan dan kesucian diri.

Menurut sebuah hadis dari Abdurrahman bin ‘Auf berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda,

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

“Jika seorang wanita selalu menjaga salat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina), dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah ke dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (Hadis sahih diriwayatkan oleh Ahmad 1:191)

Kedua, berbakti kepada suami.

Berbakti kepada suami merupakan salah satu kewajiban yang harus dijalani oleh seorang wanita untuk meraih surga. Dari Abdurrahman bin Auf berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda,

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

“Jika seorang wanita selalu menjaga salat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina), dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah ke dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (Hadis sahih diriwayatkan oleh Ibnu Hibban No. 9:471)

Ketiga, menjaga hak anak dan keluarga.

Wanita yang menjaga hak anak dan keluarga juga akan mendapatkan kemudahan untuk meraih surga.

Dalam hadis juga dijanjikan bahwa siapa yang mendidik anak perempuannya dengan baik maka ia akan terbentengi dari siksa neraka dan dijanjikan masuk surga. Dalam hadis lainnya, dari Anas bin Malik berkata bahwa Rasulullah saw bersabda:

مَنْ عَالَ جَارِيَتَيْنِ حَتَّى تَبْلُغَا جَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَنَا وَهُوَ (وَضَمَّ أَصَابِعَهُ)

“Siapa yang mendidik dua anak perempuan hingga ia dewasa, maka ia akan datang pada hari kiamat dalam keadaan aku dan dia …. ”Lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendekatkan jari jemarinya.” (HR. Muslim No. 2631).

Keempat, menjadi wanita salihah.

Dalam Alquran, Allah SWT berfirman:

وَٱلْمُؤْمِنُونَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَآءُ بَعْضٍ ۚ يَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَيُقِيمُونَ ٱلصَّلَوٰةَ وَيُؤْتُونَ ٱلزَّكَوٰةَ وَيُطِيعُونَ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥٓ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ سَيَرْحَمُهُمُ ٱللَّهُ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain.

Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan salat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya.

Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Qs.Taubah:71)

Oleh karena itu, menjalani hidup sebagai wanita salihah merupakan cara yang terbaik untuk meraih surga.

Wanita memiliki peluang besar untuk meraih surga, asalkan mereka menjalankan perintah Allah SWT dengan baik dan benar.

Melalui kehormatan dan kesucian diri, berbakti kepada suami, menjaga hak anak dan keluarga, serta menjadi wanita salihah, mereka akan mendapatkan jalan yang mudah menuju surga.

Semoga kita semua dapat melaksanakan amalan ini dan menjadi ahli surga.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini