Gadget dan Pengaruhnya pada Pendidikan Dasar

*) Oleh: Mustain, M.Pd.I,
Anggota Majelis Tabligh PDM Kabupaten Kediri

Teknologi mengalami perkembangan sangat pesat dan semakin canggih. Itu ditandai dengan kemajuan pada bidang teknologi informasi Salah satunya adalah gadget yang telah memberikan pengaruh besar, baik pengaruh positif maupun negatif.

Gadget adalah sebuah istilah bahasa inggris yang mengartikan sebuah perangkat atau instrumen elektronik yang memiliki tujuan dan fungsi khusus terutama untuk membantu manusia dalam menjalankan aktivitasnya (Yummi Ariston, 2018).

Gadget merupakan barang canggih yang diciptakan dengan berbagai aplikasi yang dapat menyajikan berbagai media berita, jejaring sosial, hobi, bahkan hiburan (Dian Kurniawati, 2020).

Dengan kata lain, gadget adalah alat komunikasi modern yang memiliki berbagai fungsi yang canggih.

Gadget menjadi teknologi yang sangat populer dan digunakan hampir semua kalangan, mulai dari kalangan dewasa, remaja, bahkan anak-anak hampir semuanya menghabiskan sebagian besar waktunya dengan bermain gadget termasuk anak usia pendidikan dasar (SD/MI).

Bahkan pada kenyataannya, tidak sedikit anak usia pendidikan dasar yang mengalami kecanduan gadget. Salah satu bentuknya anak terlalu asyik dengan dunia gadgetnya, dan lupa tugas pokoknya yaitu belajar.

Mereka juga kurang bersosialisasi dengan benar dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan rumah, sekolah dan lingkungan bermain anak. Mereka lebih asiyk dengan gadget mereka masing-masing.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini