UM Surabaya

Mempermudah Pembelajaran

Hadirnya gadget di satu sisi patut membuat kita merasa gembira. Dengan fitur-fiturnya yang lengkap dan selalu up to date, gadget membantu para siswa mengakses informasi yang ada di seluruh penjuru dunia dalam waktu relatif singkat dan dengan biaya relatif murah.

Hal ini sangat membantu mereka mencari informasi yang berhubungan dengan materi-materi pembelajaran di sekolah sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat.

Menurut Mardhi (2015), gadget dapat dijadikan sarana untuk menambah pengetahuan siswa tentang kemajuan teknologi sehingga siswa tidak dikatakan menutup mata akan kemajuan di era globalisasi. Siswa dapat mengakses berbagai informasi edukasi dalam menggunakan gadget.

Seperti digunakan untuk mencari berbagai informasi mengenai materi yang dianggap sulit. Gadget mempermudah siswa untuk belajar dan menambah pengetahuan dari berbagai sumber yang berkaitan dengan materi pelajaran di sekolah melalui internet.

Siswa juga lebih mudah dan cepat dalam mendapatkan informasi kegiatan-kegiatan di sekolah melalui group medsos seperti whatsApp, facebook dan lainnya.

Gadget dapat membantu mereka dalam kesehariannya, terutama dalam mencari data maupun informasi untuk mengerjakan tugas sekolah maupun sebagai sarana
hiburan dari fitur-fitur yang disediakan dalam gadget.

Menurut Mujib (2013), pengaruh positif gadget sebagai media belajar jika siswa dengan intensitas yang tinggi dalam menggunakan gadget, ia akan menggunakan internet untuk pembelajaran dan ia akan mendapat hasil belajar yang baik.

Handrianto (2013) mengemukakan dampak positif menggunakan gadget dapat mengembangkan imajinasi dan melatih kecerdasan anak.

Melihat gambar, tulisan dan angka akan menumbuhkan daya kreativitas, kecerdasan anak dan mengembangkan kemampuan membaca, menghitung serta rasa ingin tahu untuk menyelesaikan masalah.

Gadget juga dapat mempermudah anak dalam berkomunikasi, dan memperluas jaringan persahabatan.

Adapun Puji Asmaul Chusna (2017) membedakan manfaat gadget menjadi 3 macam, yaitu manfaat komunikasi, manfaat sosial, dan manfaat pendidikan.

Dari sisi komunikasi, dengan menggunakan gadget manusia dapat berkomunikasi dengan mudah, cepat, praktis dan lebih efisien.

Dari aspek sosial gadget memiliki banyak fitur dan aplikasi yang lengkap untuk berbagi berita, kabar, dan cerita. Sehingga dengan pemanfaatan gadget dapat menambah teman dan menjalin hubungan kerabat yang jauh tanpa memerlukan waktu yang relatif lama.

Demikian halnya dalam bidang pendidikan, seiring perkembangan zaman, sekarang belajar tidak hanya fokus pada buku sebagai satu-satunya sumber belajar.

Namun melalui gadget kita dapat mengakses berbagai ilmu pengetahuan yang kita perlukan, baik terkait pendidikan, politik, ilmu pengetahuan umum, agama, tanpa harus repot pergi ke perpustakaan yang mungkin jauh untuk dijangkau.

Jika siswa menggunakan gadget sebagai sarana pembelajaran untk mencari informasi
mengenai edukasi, maka gadget akan dapat memudahkan pembelajaran dan meraih prestasi yang diinginkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini