Usia Hampir 60 Tahun, Anggota Tapak Suci Sentuh 3 Juta Jiwa
Anggota Tapak Suci Putera Muhammadiyah (TSPM) yang tersebar di tanah air dan luar negeri.

Ketua Umum PP TSPM (Tapak Suci Putera Muhammadiyah) Afnan Hadikusumo optimis akan perkembangan keanggotaan seni bela diri milik persyarikatan itu. Diungkapkanya, saat anggota TSPM sudah mencapai 3 juta jiwa yang tersebar di Sabang  sampai Merauke, bahkan di luar negeri.

Hal itu disampaikan Afnan Hadikusumo pasca selesainya gelaran Tapak Suci National Championship II (18-20/12) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).Optimisme itu muncul tatkala gelaran pencak silat yang diadakan oleh UKM TS UMY itu diikuti sebanyak 266 peserta dari Sabang sampai Merauke. Selain itu, Afnan juga mengungkapkan bahwa anggota TS saat ini telah menyentuh angka 3 juta jiwa.

“Tapak Suci perkembangannya dari hari ke hari makin baik. Anggota kita sudah 3 juta, ada yang PNS, TNI, Polri, ada juga yang oposisi. Hampir 60 tahun lebih kita eksis di dunia persilatan,” kata Afnan dikutip dari rilis yang diterima redaksi muhammadiyah.or.id pada Selasa (26/12/2023).

Menurutnya, perguruan pencak silat yang usianya lebih dari 50 tahun, banyak yang sudah mengalami berbagai dinamika yang kompleks. Tetapi Tapak Suci, hingga hari ini masih aktif, utuh dan terus menorehkan prestasi.

“Kebanyakan perguruan pencak silat lebih dari 50 tahun itu biasanya sudah terjadi dinamika. Alhamdulillah tapak suci masih utuh, tidak pecah, bahkan prestasinya sangat baik,” terangnya.

Ia mengungkapkan, tapak suci saat ini sudah berkembang di 22 negara. Tapak Suci juga telah membuat roadmap untuk periode 2018-2023 yang mengarahkan tapak suci agar menjadi perguruan pencak silat berprestasi, berkemajuan dan mendunia.

“Terakhir di Suriah, kami mengirimkan pelatih kita pada bulan September lalu, sebelum perang Palestina. September sudah mulai melatih dan mereka memberi laporan mau buka cabang baru, sekarang mau buka di Aleppo. Luar biasa perkembangan tapak suci kita. maka sejak awal sudah kami buatkan peta jalan untuk periode 2018-2023,” tuturnya.

Tidak hanya itu, Afnan juga mengungkapkan bahwa Tapak Suci akan membangun Padepokan di daerah Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Ia berharap dengan adanya pembangunan padepokan ini akan semakin mengembangkan kualitas dan kapasitas pelatih dan siswa.

“Perkembangan selanjutnya Tapak Suci akan membangun padepokan satu kompleks dengan SMK Muhammadiyah 3 di Umbulharjo. Mudah-mudahan dengan pembangunan padepokan ini akan semakin mengembangkan kualitas dan juga kapasitas building bagi pelatih dan siswa kita,” harapnya. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini