UM Surabaya

Pertama, melarang melakukan pencemaran lingkungan. Baginda Rasulullah sangat tegas terkait dengan hal ini. Dalam satu hadis riwayat Abu Dawud, Ahmad, dan Ibnu Majjah, Baginda Rasulullah melarang keras seseorang buang air besar di sungai-sungai yang mengalir, di jalan yang dilalui orang, dan tempat berteduh. Ketiga perbuatan tersebut merupakan hal yang dilaknat. Di hadis lain, Nabi juga melarang seseorang untuk buang air besar di air yang tidak mengalir karena itu akan merusak air tersebut.

Kedua, menghemat air. Suatu ketika, Baginda Rasulullah menegur sahabatnya, Sa’ad, karena berlebih-lebihan menggunakan air ketika berwudu, meskipun pada saat itu air tersedia melimpah. Hal itu membuat Sa’ad bingung dan bertanya kepada Baginda Rasulullah perihal yang dilakukannya.

“Apakah di dalam wudu ada berlebih-lebihan?” tanya Sa’ad. “Ya, walau pun engkau sedang berada di sungai yang mengalir,” jawab Nabi. Melalui hadis riwayat Ibnu Majah dan Ahmad ini, Baginda Rasulullah menasihati sahabatnya (dan umat Islam) agar hemat dalam menggunakan air. Karena, air merupakan salah satu kekayaan alam yang paling penting dalam kehidupan manusia.

Ketiga, menanam tumbuhan dan menghidupkan tanah yang mati. Dalam upaya menjaga lingkungan, Baginda Rasulullah juga menganjurkan umatnya untuk menghidupkan tanah-tanah yang tidak dikelola dan menanam tumbuh-tumbuhan di lahan-lahan yang sekiranya kosong.

Kata Baginda Rasulullah, “Barang siapa yang menghidupkan tanah yang mati, maka baginya pahala. Dan apa yang dimakan binatang darinya, maka itu baginya pahala sedekah”. Jadi Ia akan mendapatkan pahalanya sepanjang tanaman tersebut memberikan manfaat atau dimanfaatkan orang yang hidup di sekitarnya.

Keempat, menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan. Baginda Rasulullah bersabda, “Suatu ketika Allah memperlihatkan kepadanya amal baik dan amal buruk dari umatnya. Di antara amal baik umatnya yang diperlihatkan kepada Nabi adalah menyingkirkan gangguan atau bahaya dari jalan. Sementara amal buruk umatnya adalah meludah di masjid dan tidak membersihkannya”. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini