Rajin Bersedekah Bikin Hati Lapang dan Pikiran Tenang
UM Surabaya

Orang-orang yang dermawan dan senang bersedekah membelanjakan hartanya di jalan Allah akan diberi keberkahan yang luar biasa sesuai janji Alquran.

Dalam Surat Al-Baqarah ayat 261, Allah Swt menjanjikan untuk melipatgandakan pahalanya sampai 700 kali lipat.

Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji.

Allah melipat gandakan ganjaran bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas karunia-Nya lagi Maha Mengetahui.

Jadi, Allah melipatgandakan harta yang disedekahkan, yang didermakan, dibelanjakan di jalan Allah akan berlipat sampai 700 kali. Maksud 700 itu ialah akan dilipatkan secara besar.

700 kali yang kedua, kesalahan-kesalahan dan dosa kita diampuni Allah. Oleh karena itu tradisi orang-orang saleh, kebiasaan para nabi itu ialah selalu memberikan sedekah.

Dalam Alquran ada ayat lain yang menyebut keutamaan sikap dermawan dan gemar bersedekah.

Dalam Surat Al-Hadid ayat 11, Allah Swt mengistilahkan sedekah dengan qardan hasanan (pinjaman yang baik).

Barangsiapa meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah akan mengembalikannya berlipat ganda untuknya, dan baginya pahala yang mulia.

Kedermawanan ini ditampilkan oleh Rasulullah Saw. Bahkan ketika menerima hadiah dari orang lain. Rasulullah Saw membagikannya lagi kepada orang lain.

Apakah itu emas, perak, atau makanan. Kedermawanan Rasulullah ini bahkan meningkat ketika bulan suci Ramadan.

Barangsiapa hatinya sudah terlatih sedekah maka dia akan bahagia hidupnya.

Jadi kunci bahagia itu ialah sedekah. Di samping dilipatgandakan pahalanya, hati kita juga akan sangat lapang, pikiran kita tenang. Itulah yang disebut keberkahan. (*)

(Disampaikan Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad dalam Program Nasihat Ayahanda TvMu bertajuk “Berkahnya Berbagi”, 6 April 2023).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini