UM Surabaya

Nah, pada saat kita sampai di ayat ke-29 dari surah Al-Baqarah, Allah menyampaikan bahwa Dia menciptakan langit dan bumi dan mendirikan singgasana-Nya.

Kemudian kisah penciptaan Adam pada ayat 30, dan segera setelah kisah penciptaan Adam, Allah menyapa, “Yaa banii israa-iil (Wahai Bani Israil) yang dilanjutkan dengan kisah Bani Israil, bagaimana Allah menyelamatkan mereka dari kekejaman Fira’un, melindungi mereka, menganugerahkan banyak nikmat pada mereka, menyediakan makanan untuk mereka berupa manna dan salwa saat mereka berkeliaran di padang pasir menuju tanah yang telah dijanjikan, dan sebagainya.

Jadi kita melihat banyak hal tentang Bani Israil sedari awal dalam Alquran. Begitu kita melanjutkan bacaan Alquran, kita masih menemukan kisah tentang Bani Israil.

Surah ke-17 disebut Bani Israil. Sebetulnya ada dua nama untuk surah ke-17 ini. Pertama, surah Al-Isra karena surah ini diawali pada ayat pertama dengan menyebutkan perjalanan malam yang dialami oleh Nabi Muhammad saw sebagai bagian dari peristiwa Isra Mi’raj. Isrâ`bermakna perjalanan di malam hari.

Kedua surah ini dinamakan Bani Israil. Pada ayat keduanya langsung membicarakan tentang tahap penting dari tahap-tahap sejarah Bani Israil serta menceritakan tentang kerusakan yang mereka lakukan yang tidak disebutkan dalam surah-surah lainnya dalam Alquran.

Jadi kenapa kaum Bani Israil dibicarakan begitu mendalam dalam Alquran? Dan apakah penggambaran tentang mereka positif atau negatif?

Alquran menyinggung keduanya. Ada keseimbangan. Di satu sisi, Alquran menunjukkan kepada kita bahwa sejarah orang-orang sebelum kita.

Mereka diberi nikmat dari Allah. Bahkan Allah berfirman dalam Al-Qur`an, “Kami lebihkan mereka (Bani Israil) atas bangsa-bangsa (pada masa itu)” (QS 45: 16).

Karenanya gagasan tentang Tuhan telah memilih orang-orang Yahudi adalah ide yang sudah lama dan tertera di dalam Alquran.

Tuhan memberkati tanah di sekitar mereka. Ada tanah yang diberkati, bahkan disebut sebagai Tanah Suci (Al-Muqaddas).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini