UM Surabaya

Allah meridai Bani Israil dan menghadirkan mereka sebagai contoh bagi umat manusia. Allah mengutus nabi-nabi dan rasul-rasul kepada mereka.

Allah telah menganugerahkan Taurat kepada Nabi Musa. Para nabi lainnya juga membawa pesan dari Tuhan seiring berjalannya waktu.

Sekarang, kita sebagai umat Islam adalah umat yang dianugerahkan oleh Tuhan kitab suci juga. Kita mempunyai tanggung jawab seperti yang dimiliki Bani Israil sebelumnya.

Dan dalam hal ini, kegagalan umat Bani Israil sebelumnya dalam melaksanakan perintah Allah dan hidup sesuai dengan ketentuan dalam kitab suci disorot.

Umat Islam diperingatkan jangan sampai terjerumus ke dalam kesalahan hal yang sama seperti umat-umat sebelumnya, yang dalam hal ini Bani Israil.

Bani Israil sering kali melakukan trik untuk menghindari perintah Tuhan. Mereka menggagalkan pesan literal kitab suci untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Umat Islam diperingatkan untuk tidak berbuat demikian. Bani Israil juga dikenal sebagai masyarakat yang melakukan perlawanan terhadap para nabi dan rasul.

Mereka menginginkan para nabi dan rasul mengabarkan mereka pesan-pesan Tuhan yang menarik bagi mereka, tapi kalau itu pil pahit, mereka menolaknya. Mereka bahkan terkenal kaum yang sering membunuh para nabi.

Maka kita selaku umat Islam diperingatkan terhadap perilaku seperti itu. Jangan seperti kaum sebelum kita yang beriman kepada sebagian kitab suci dan kafir pada sebagian lainnya. Kita harus menerima firman Allah sepenuhnya. (*)

*) Artikel ini juga tayang di suaramuhammadiyah.id

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini