UM Surabaya

Media DMQ

1. Tulisan di koran.

Dakwah tulisan di koran merupakan salah satu media dakwah melalui tulisan yang disampaikan melalui kegiatan media massa.

Cakupan dakwah dengan koran melingkupi seluruh wilayah di dunia beserta dengan perkembangannya. Karya dakwah yang dihasilkan berupa berita-berita dan artikel-artikel tentang Islam dan masyarakat muslim.

2. Majalah Islam.

3. Buku-buku Islam.
4. Media Sosial ( Instragram Facebook tiktok cup-cat dll).

Manfaat DMQ

Manfaat dakwah melalui tulisan membuat karya-karya para ulama dan cendekiawan muslim terdahulu dapat tetap dibaca hingga masa sekarang.

Manfaat lain dari dakwah melalui tulisan adalah sebagai sarana dakwah yang memberikan pahala kepada penulisnya karena merupakan ilmu yang bermanfaat.
Dakwah melalui tulisan berarti mengumpulkan amal jariah. Penulis memperoleh manfaat dunia dan akhirat karena tetap menerima pahala melalui tulisan yang dibuatnya meski telah mengalami kematian.

Era Teknologi Digital

Di saat ini, siapa yang hari ini masih tidak memiliki akun Instagram? Facebook? Atau WhatsApp? Rata-rata kita tentu punya bukan?

Nah, ini bisa jadi sarana siapa saja untuk berdakwah melalui tulisan. Hari ini kita tidak bisa ditunggu, kita yang harus mengejar, kita yang harus berpacu, kita yang harus menyemangati diri untuk belajar.

Banyak ulama dan tokoh Islam yang menghasilkan karya besar melalui penanya (tulisan). Mereka juga mampu menggetarkan dunia sebagai hasil ketekunannya membaca dan menulis.

Siapa yang tak kenal Yusuf Qardhawi, Sayyid Qutb, Hasan Al-Banna, Buya Hamka, Dr. Adian Husaini, serta penulis sastra islami Indonesia seperti Habiburrahman El shirazy, Asma Nadia.

Sayangnya, tradisi itu seakan hilang begitu saja. Kini, ketika dunia memasuki abad informasi konon siapa pun yang menguasai informasi akan unggul dalam persaingan umat Islam justru tertinggal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini