4. Menunaikan Ibadah Ikhlas Hanya untuk Allah

Alquran mengajarkan bahwa menjalankan ajaran Islam adalah salah satu aspek penting dalam hidup kita. Di penghujung tahun ini, mari kita evaluasi diri kita dalam menjalankan kewajiban-kewajiban tersebut, seperti salat, puasa, zakat, dan ibadah-ibadah lainnya. Mari perbarui niat dan komitmen kita untuk lebih konsisten dan ikhlas dalam beribadah.

Allah berfirman dalam QS. Al-Bayyinah: 5:

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan salat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.”

5. Menghapus Kesalahan dengan Memperbanyak Istighfar

Alquran menyebutkan pentingnya memohon ampunan Allah (istighfar) untuk menghapus dosa-dosa kita.

Allah berfirman dalam QS. Nuh: 10:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu. Sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun.”

Akhir tahun adalah momentum yang tepat untuk memperbanyak istighfar dan memohon ampunan Allah atas segala kesalahan yang telah kita lakukan sepanjang tahun. Mari memohon maghfirah Allah SWT agar hati kita menjadi bersih dan lapang.

Sebagai akhir khotbah ini saya mengajak kepada kita semua, untuk terus melakukan refleksi dan muhasabah diri untuk mempersiapkan hari esok yang lebih baik.

Semoga Allah memberikan pertolongan kepada kita semua untuk mengisi waktu-waktu kita dengan iman dan amal saleh sebagai persiapan untuk kehidupan kita di hari akhirat. Aamiin. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini