Akhir Tahun yang Penuh Makna
foto: afp
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“A year has passed, let’s use it as a valuable lesson and experience to make the new year better”

(Setahun telah berlalu, mari jadikan itu sebagai pelajaran dan pengalaman berharga untuk membuat tahun yang baru lebih baik)

Akhir tahun merupakan waktu yang penuh makna bagi sebagian orang. Banyak di antara kita yang mengevaluasi diri dan merencanakan langkah selanjutnya untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup kita.

Namun, sebagian dari kita mungkin mengabaikan makna yang lebih dalam dan penting dari akhir tahun ini.

Allah SWT berfirman:

وَالْعَصْرِ. إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ. إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

“Demi masa, sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman, beramal saleh, saling menasihati untuk kebenaran, dan saling menasihati untuk kesabaran.” (QS. Al-asr:1-3)

Dari ayat ini, kita dapat merenungkan pentingnya waktu dan mengambil manfaat dari setiap momen yang diberikan oleh Allah SWT.

Dalam akhir tahun, kita dapat melakukan introspeksi untuk mengevaluasi diri kita dan mencari kelemahan yang perlu diperbaiki.

Selain itu, kita juga harus meningkatkan amal saleh kita dan berusaha menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya.

Oleh sebab itu, akhir tahun seharusnya tidak menjadi momen yang biasa-biasa saja. Kita harus merenungkan arti yang lebih dalam dari waktu ini dan mencari manfaat yang dapat membawa kita lebih dekat kepada Allah SWT.

Semoga kita bisa memanfaatkan akhir tahun dengan sebaik-baiknya dan diberi kemudahan untuk meningkatkan kualitas hidup dan keimanan kita.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini