Bangkitkan Semangat Beramal, PCIM Australia Adakan Baitul Arqam
Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiya (PCIM) Australia

Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Australia mengadakan Baitul Arqam (BA) mulai 29 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024. Seluruh rangkaian kegiatan ini sengaja diadakan di Kent Lodge, Crosslands and Convention Centre, Galston, Sydney, New South Wales.

Ketua PCIM Australia Hamim Jufri menyampaikan bahwa kader dan simpatisan Muhammadiyah di Australia ini banyak. Mereka perlu diajak dan dibangkitkan semangat beramal melalui Muhammadiyah.

Menurutnya, saat ini dan ke depan, Muhammadiyah harus lebih outward looking atau menatap keluar dan mengenalkan Muhammadiyah dengan berbagai lembaga sosial dan keagamaan di tanah Australia ini.

“Tidak cukup bila Muhammadiyah hanya berkegiatan di internal organisasi. Namun, harus ada kegiatan yang berdampak luas bagi komunitas dan masyarakat pada umumnya,” kata Hamim.

Sebagaimana tujuan sederhana diadakannya BA ini adalah ikhtiar PCIM Australia untuk menumbuhkan dan membangkitkan ghirah (semangat) dan komitmen bermuhammadiyah untuk dakwah Islam amar ma’ruf dan nahi munkar di tanah multi-etnis dan agama di tanah kanguru ini.

Sementara itu, Ketua PRIM NSW Izza Rahman,menjelaskan kegiatan BA ini selaras dengan semangat internasionalisasi Muhammadiyah yang dirumuskan saat Muktamar tahun 2000 dan 2015.

“Dalam hal ini, internasionalisasi yang dimaksud adalah menyebarluaskan paham keagamaan/keislaman Muhammadiyah kepada kader dan mereka yang berkhidmat untuk berdakwah melalui Muhammadiyah di Australia,” katanya.

Oleh karena itu, BA kali ini menjangkau karakteristik peserta dari unsur warganegara Australia, penduduk permanen (permanent residents), dan beberapa penduduk sementara yaitu mereka yang bekerja dan atau belajar di Australia.

Peserta yang mengikuti BA ini sejumlah 40 peserta. Selain anggota Muhammadiyah yang sudah dewasa, peserta BA juga ada yang berasal dari anak-anak yang diproyeksikan menjadi kader penerus Muhammadiyah.

Keseluruhan forum BA dikelola oleh Majelis Pembina Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) PP Muhammadiyah. Para instruktur yang diutus meliputi Bachtiar Dwi Kuriawan, Azaki Khoirudin, dan Muthoharun Jinan (sekaligus Imam Training). Selain itu, Sekretaris LHKI PP Muhammadiyah, Yayah Khisbiyah didapuk menjadi salah satu narasumber.

Sebagai awal kegiatan, hari pertama di malam hari, panitia memutar film dokumenter Muhammadiyah. Selanjutnya, pembukaan BA dilaksanakan Sabtu (30/12/2024) jam 08.00 pagi. Pembukaan juga dihadiri perwakilan Konsul Jenderal RI dan ANIC (Australian National Imams Council) Australia.

Sebagaimana tahun lalu, BA ini dipercayakan PCIM Australia memberikan kepercayaan kepada Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah (PRIM) New South Wales (NSW) sebagai panitia pelaksana. Perkaderan formal ini melibatkan tim instruktur resmi dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini