Dengan kata lain strategi dakwah merupakan siasat, taktik atau cara yang dirancang secara sistematik dan terarah yang ditempuh dalam rangka mencapai tujuan dakwah.

Hal demikian tentunya mengindikasikan bahwasanya keberadaan daripada apa yang dinamakan sebagai strategi dakwah adalah mempunyai peran yang sangat penting dalam suatu organisasi dakwah.

Faktor Pengaruh Strategi Dakwah

Keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuan dan berbagai sasarannya akan
cenderung ditentukan oleh dinamika organisasi yang bersangkutan.

Dinamika yang tercipta dalam sebuah organisasi tersebut sejatinya disebabkan oleh adanya interaksi yang terjadi baik antara organisasi dengan lingkungannya, maupun satuan-satuan kerja dalam organisasi tersebut.

Pada gilirannya interaksi yang terjadi merupakan suatu akibat dan bukan merupakan tuntutan dari interdependensi yang terdapat antara organisasi dengan lingkungannya dan antara berbagai sub sistem dalam organisasi.

Dinamika yang mutlak terjadi dalam organisasi dakwah, mendorongnya untuk meningkatkan kemampuan dalam perumusan strategi yang diterapkan. Pada titik tertentu dinamika itulah yang akan mempengaruhi dalam proses penyusunan strategi dakwah.

Hal ini penting diketahui dan dipahami oleh suatu organisasi, dikarenakan dinamika perkembangan zaman yang terus berubah pada setiap lini kehidupan telah mendorong perubahan pula dalam penetapan strategi.

Bila dicermati terdapat beberapa faktor yang turut berpengaruh dalam penyusunan strategi dakwah. Faktor-faktor yang turut andil dalam mempengaruhi penentuan strategi adalah faktor lingkungan, baik itu yang berasal dari dalam organisasi itu sendiri (internal factor) ataupun faktor lain yang berasal dari lingkungan luar organisasi (eksternal factor).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini