UM Surabaya

Ibadah Itu Ditentukan Niat

ู‚ุงู„ ุฏุงูˆุฏ : ูˆุงู„ุจูุฑู‘ู ู‡ูู…ู‘ูŽุฉู ุงู„ุชู‘ูŽู‚ูŠู‘ู ุŒ ูˆู„ูˆ ุชุนู„ู‘ูŽู‚ุช ุฌู…ูŠุน ุฌูˆุงุฑุญู‡ ุจุญุจู‘ู ุงู„ุฏู‘ูู†ูŠุง ู„ุฑุฏู‘ูŽุชู‡ ูŠูˆู…ุงู‹ ู†ูŠู‘ูŽุชูู‡ู
ุฅู„ู‰ ุฃุตู„ูู‡ู .

Daud at-Thoie berkata: Kebaikan merupakan tujuan utama manusia yang bertakwa. Seandainya ke semua anggota tubuhnya melekat dengan cinta kepada dunia, suatu hari nanti, niatnya akan mengembalikan dia kepada asalnya.

ูˆุนู† ุณููŠุงู†ูŽ ุงู„ุซู‘ูŽูˆุฑูŠู‘ู ุŒ ู‚ุงู„ : ู…ุง ุนุงู„ุฌุชู ุดูŠุฆุงู‹ ุฃุดุฏู‘ูŽ ุนู„ูŠู‘ูŽ ู…ู† ู†ูŠู‘ูŽุชูŠ ุ› ู„ุฃู†ู‘ูŽู‡ุง ุชุชู‚ู„ู‘ูŽุจู ุนู„ูŠู‘ูŽ

Sufyan at-Tsauri berkata: Aku tidak pernah menghadapi sesuatu yang lebih hebat daripada niatku. Ini sebab ia sering berubah-ubah.

ูˆุนู† ู…ุทุฑู‘ูู ุจู† ุนุจุฏู ุงู„ู„ู‡ ู‚ุงู„ : ุตู„ุงุญู ุงู„ู‚ู„ุจ ุจุตู„ุงุญู ุงู„ุนู…ู„ู ุŒ ูˆุตู„ุงุญู ุงู„ุนู…ู„ู ุจุตู„ุงุญู ุงู„ู†ูŠู‘ูŽุฉู

Muthorrif bin โ€˜Abdullah berkata: Baiknya hati berdasarkan baiknya amal. Baiknya amal berdasarkan baiknya niat.

ูˆุนู† ุงุจู† ุงู„ู…ุจุงุฑูƒ ุŒ ู‚ุงู„ : ุฑูุจู‘ูŽ ุนู…ู„ู ุตุบูŠุฑู ุชุนุธู‘ูู…ู‡ู ุงู„ู†ูŠู‘ูŽุฉู ุŒ ูˆุฑุจู‘ูŽ ุนู…ู„ ูƒุจูŠุฑู ุชูุตูŽุบู‘ูุฑู‡ ุงู„ู†ูŠู‘ูŽุฉู .

Abdullah bin al-Mubarak berkata: Boleh jadi ada amalan yang kecil menjadi besar sebab niat, dan boleh jadi ada amalan yang besar menjadi kecil karena niat.

ูˆู‚ุงู„ ุงู„ูุถูŠู„ู ููŠ ู‚ูˆู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ : { ู„ููŠูŽุจู’ู„ููˆูŽูƒูู…ู’ ุฃูŽูŠู‘ููƒูู…ู’ ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ู ุนูŽู…ูŽู„ุงู‹ } (2) ุŒ ู‚ุงู„ : ุฃุฎู„ุตูู‡ ูˆุฃุตูˆุจูู‡ . ูˆู‚ุงู„ : ุฅู†ู‘ูŽ ุงู„ุนู…ู„ูŽ ุฅุฐุง ูƒุงู† ุฎุงู„ุตุงู‹ ุŒ ูˆู„ู… ูŠูƒู† ุตูˆุงุจุงู‹ ุŒ ู„ู… ูŠู‚ุจู„ ุŒ ูˆุฅุฐุง ูƒุงู† ุตูˆุงุจุงู‹ ุŒ ูˆู„ู… ูŠูƒู† ุฎุงู„ุตุงู‹ ุŒ ู„ู… ูŠู‚ุจู„ ุญุชู‘ู‰ ูŠูƒูˆู†ูŽ ุฎุงู„ุตุงู‹ ุตูˆุงุจุงู‹ ุŒ ู‚ุงู„ : ูˆุงู„ุฎุงู„ุตู ุฅุฐุง ูƒุงู† ู„ู„ู‡ – ุนุฒ ูˆุฌู„ – ุŒ ูˆุงู„ุตู‘ูŽูˆุงุจู ุฅุฐุง ูƒุงู† ุนู„ู‰ ุงู„ุณู‘ูู†ู‘ูŽุฉ (3) .

Al-Fudhail berkata tentang firman Allah: Untuk menguji kalian siapakah antara kalian yang paling baik amalannya (Al-Mulk : 2), Yang paling ikhlas dan benar.

Beliau berkata: “Sesungguhnya apabila amalan itu ikhlas tetapi tidak benar, maka ia tidak diterima. Apabila ia benar, tetapi tidak ikhlas, ia juga tidak akan diterima sehinggalah amalan tersebut ikhlas dan benar. Ikhlas apabila amalan itu dilakukan karena Allah, dan benar apabila ia menepati sunah. (Jami’ al-Ulum wa al-Hikam). (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini