Menjadi Entrepreneur Muda yang Solutif dan Inovatif di Era Society 5.0
UM Surabaya

*) Oleh: Willy Masrur
Divisi Digital Majelis Tabligh PDM Sidoarjo

Era Industri Society 5.0 telah membawa transformasi tak terhentikan dalam cara kita menjalani kehidupan, pekerjaan, dan bisnis.

Bagi generasi muda entah milenial atau generasi Z yang memiliki jiwa semangat entrepreneurship, era ini bukan hanya tantangan saja, tapi juga potensi inovasi yang teramat subuh.

Mari kita fokus membahas bagaimana menjadi seorang entrepreneur muda yang solutif dan inovatif dalam Era Industri Society 5.0 yang bergerak cepat dan penuh dengan disrupsi ini.

Penemuan Solusi Sebagai Fundamental Inovasi

Di era disruptif ini, menjadi pengusaha muda bukan hanya tentang menemukan peluang bisnis, tetapi juga tentang menemukan solusi untuk masalah besar dan nyata.

Inovasi yang solutif mudah ditemukan ketika kita mengerti tantangan dan problematika di sekitar kita dan menciptakan solusi yang efektif. Mulailah menanyakan beberapa pertanyaan pada diri sendiri,

“Apa masalah yang bisa saya selesaikan dengan bisnis saya?” di sinilah pangkal dari ide bisnis yang inovatif dan solutif itu muncul.

Konektivitas dan Kolaborasi

Masyarakat di era ini dikenal dengan konektivitasnya yang tak terbatas oleh ruang dan waktu. Jaringan yang kuat dan kolaborasi yang solid dengan berbagai pihak menjadi rahasia kesuksesan.

Suatu langkah yang sangat tepat untuk terlibat dalam komunitas, pertemuan industri, dan berbagai forum bisnis dan pengusaha. Kolaborasi menjadi pangkal dan pintu awal
untuk ide-ide baru dan pertukaran pengetahuan yang bernilai.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini