Sebagai kitab suci yang berisi pedoman hidup bisa menjamin ketenteraman hidup. Allah pun mengancam berbagai pihak yang meragukan Alquran, tidak perlu dibacakan kepada mereka, sehingga menjadi masyarakat menyimpang.

Hal ini ditegaskan Alquran sebagaimana firman-Nya:

قُلْ لَّوْ شَآءَ اللّٰهُ مَا تَلَوْتُهٗ عَلَيْكُمْ وَلَاۤ اَدْرٰٮكُمْ بِهٖ ۖ فَقَدْ لَبِثْتُ فِيْكُمْ عُمُرًا مِّنْ قَبْلِهٖ ۗ اَفَلَا تَعْقِلُوْنَ

“Katakanlah (Muhammad), “Jika Allah menghendaki, niscaya aku tidak membacakannya kepadamu dan Allah tidak (pula) memberitahukannya kepadamu.” Aku telah tinggal bersamamu beberapa lama sebelumnya (sebelum turun Alquran). Apakah kamu tidak mengerti ?” (QS. Yunus : 16)

Meskipun demikian, orang kafir tetap saja tidak percaya Alquran sebagai Kalamullah. Oleh karenanya, Allah secara tegas menantang jin dan manusia untuk berkumpul guna membuat Alquran.

Dan Allah pun memastikan dua makhluk ini tidak akan mampu membuatnya. Hal ini ditegakkan Alquran sebagaimana firman-Nya:

اَمْ يَقُوْلُوْنَ افْتَـرٰٮهُ ۗ قُلْ فَأْتُوْا بِسُوْرَةٍ مِّثْلِهٖ وَا دْعُوْا مَنِ اسْتَطَعْتُمْ مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَ

“Apakah pantas mereka mengatakan dia (Muhammad) yang telah membuat-buatnya? Katakanlah, “Buatlah sebuah surat yang semisal dengan surat (Alquran), dan ajaklah siapa saja di antara kamu orang yang mampu (membuatnya) selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.” (QS. Yunus : 38)

Ketidakmampuan jin dan manusia membuat Alquran merupakan bukti mukjizat yang sulit terbantahkan. Namun tidak semua kaum muslimin meyakini hal itu secara total.

Hal ini ditunjukkan dengan ketidakberanian mereka dalam menerapkan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan personal atau kenegaraan.

Fenomena keengganan elite dan tokoh masyarakat dalam menerapkan ayat-ayat Alquran dalam kehidupan bernegara menunjukkan kurang totalitasnya dalam berpegang teguh pada Alquran.

Alasan pun dicari, seperti budaya masyarakat yang belum siap menerima Alquran. Atau ketidaksesuaian Alquran dengan tingkat pendidikan Masyarakat sehingga belum perlu diterapkan nilai-nilai Alquran.

Berpegang teguh dengan nilai-nilai Alquran dengan menerapkannya, memang berat namun harus diupayakan dengan sekuat tenaga.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini