Muhammadiyah Gandeng PLN Atasi Perubahan Iklim Melalui Energi Bersih
Muhammadiyah Gandeng PLN Atasi Perubahan Iklim Melalui Energi Bersih

Perubahan iklim menjadi ancaman eksistensial manusia yang paling nyata hari-hari ini. Menyikapi hal ini, Muhammadiyah dan PT PLN (Persero) telah menandatangani Nota Kesepahaman dalam sebuah upaya bersama untuk melawan perubahan iklim. Penandatanganan dilakukan di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yogyakarta, Jumat (5/1/2024).

Dalam upaya bersama ini, PLN dan Muhammadiyah berkomitmen untuk menjadi bagian dari solusi dalam memperlambat pemanasan global dan bahkan mendinginkan bumi. Salah satu langkah konkrit yang diambil adalah pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di kantor Muhammadiyah, sekolah Muhammadiyah, dan Rumah Sakit Muhammadiyah.

Langkah ini diharapkan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan mendukung penggunaan energi bersih.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengungkapkan apresiasinya terhadap inisiatif Muhammadiyah dalam memerangi perubahan iklim. Ia menyampaikan bahwa pembangunan PLTS merupakan bagian dari komitmen PLN untuk bergerak menuju energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan.

“Kerjasama ini dalam rangka memerangi perubahan iklim, Bagaimana PLN dan Muhammadiyah bisa menjadi bagian yang bisa slow down the warming, kalau bisa mendinginkan bumi,” ucap Darmawan.

Darmawan Prasodjo juga menyebutkan pengalamannya sebagai pembicara di Global Forum for Climate Change yang diselenggarakan oleh Muhammadiyah. Dalam acara yang diselenggarakan di Universitas Ahmad Dahlan beberapa waktu silam ini ia banyak belajar, terutama tentang konsep rahmatan lil’alamin. Pengalaman ini, kata Darmawan, menjadi motivasi untuk mengimplementasikan kebijakan yang lebih ramah lingkungan.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir, mengapresiasi kemajuan yang dilakukan oleh PLN dalam bergerak menuju energi terbarukan. Ia menyatakan rasa terima kasihnya kepada PLN atas terjalinnya kerjasama ini, dengan keyakinan bahwa PLN sebagai lembaga yang dekat dengan kebutuhan dasar masyarakat akan memberikan manfaat terbaik bagi bangsa Indonesia.

“PLN sebagai lembaga yang sangat lekat dengan keperluan dasar masyarakat dengan pembaharuan ini akan memberi manfaat terbaik bagi bangsa Indonesia,” kata Haedar.

Kerjasama antara Muhammadiyah dan PLN ini menjadi tonggak penting dalam upaya bersama mengatasi perubahan iklim melalui implementasi energi bersih dan ramah lingkungan. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini