UM Surabaya

Kesimpulan:

Bentuk menjadikan hawa nafsu sebagai tuhan adalah dengan mengikuti dan tunduk kepadanya, hal ini bisa menyeret pelakunya melakukan dosa besar.

Menurut Muqatil bin Sulaiman, ayat ini turun untuk menerangkan sikap orang kafir Mekkah.

Ketika Muhammad diutus menjadi Nabi, beberapa pemuka Mekkah sebenarnya mengakui bahwa apa yang disampaikan Nabi saw. adalah sesuatu yang benar. Hal ini terbukti dari pernyataan Abu Jahal kepada Walid bin al-Mughirah:

“Demi Allah, sebenarnya aku tahu bahwa Muhammad itu adalah orang yang benar”.

Hanya saja, pengakuan itu tidak dimanifestasikan dalam perbuatan. Mereka lebih memilih mengikuti hawa nafsu; menjaga status sosial, ekonomi, dan sebagainya. Hawa nafsu adalah kecenderungan hati untuk mengikuti dorong syahwat tanpa kendali akal.

“Semua yang mereka lakukan itu disebabkan oleh dorongan hawa nafsunya karena telah tergoda oleh tipu daya setan. Tidak ada lagi nilai-nilai kebenaran yang mendasari tingkah laku dan perbuatan mereka.

Apa yang baik menurut hawa nafsu mereka itulah yang mereka perbuat. Seakan-akan mereka menganggap hawa nafsu mereka itu sebagai tuhan yang harus mereka ikuti perintahnya” (Tafsir Kemenag, jilid 9, hlm. 224).

Dalam banyak ayat, Allah mengingatkan manusia untuk tidak mengikuti hawa nafsu, sebab akan mengantarkan mereka kepada jalan kesesatan dan keburukan. Bagaimana bisa orang yang mata dan pendengaran hatinya dikunci oleh Allah dapat memberi jalan petunjuk kepada kebenaran?

Untuk terbebas dari hawa nafsu itu, jalan yang dapat ditempuh adalah dengan terus mengingat Allah, kematian, dan hari akhir.

وَلَا تَتَّبِعِ ٱلْهَوَىٰ فَيُضِلَّكَ عَن سَبِيلِ ٱللَّ

“…dan janganlah engkau mengikuti hawa nafsu, karena akan menyesatkanmu dari jalan Allah.” (QS. Shad: 26).

Untuk melawan hawa nafsu manusia perlu melakukan penyucian diri (tazkiyatun nafs). Menyucikan diri bukanlah perkara mudah. Nabi Muhammad bahkan menyebutnya sebagai jihad akbar.

Ada banyak tabir dan rintangan yang harus dihadapi. Para ulama menjelaskan bahwa untuk memperkokoh keimanan, hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah menafikan segala sesuatu sebagai Tuhan, termasuk untuk tidak mempertuhan hawa nafsu.

Nabi Muhammad bersabda:

لاَيُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يَكُونَ هَواهُ تَبَعَاً لِمَا جِئْتُ بِهِ

“Tidak beriman seseorang di antara kamu sehingga hawa nafsunya itu tunduk kepada apa yang saya bawa (petunjuk)”. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini