Menggagas Gerakan Berkeunggulan di Persyarikatan

*) Oleh: Prof. Dr. M. Nur Rianto Al Arif,
Ketua PDM Jakarta Timur

Istilah dan konsep “Islam Berkemajuan” yang dikembangkan Persyarikatan merupakan suatu pandangan keagamaan yang digunakan sebagai pedoman warga persyarikatan untuk dapat menjalankan dakwah dengan kontak kekinian sebagai bingkai pemikiran Muhammadiyah dalam memasuki zaman yang kompleks.

Sehingga, pemikiran atau penafsiran Islam harus selalu dikembangkan guna menghidupkan spirit pembaruan akan kemajuan peradaban umat Islam.

Namun, istilah “Islam berkemajuan” ini ditolak oleh sebagian warga persyarikatan karena sejatinya Islam merupakan suatu ajaran yang akan selalu dapat mengikuti kemajuan peradaban umat Islam.

Sehingga, istilah ini saat ini kemudian dibingkai menjadi “Gerakan Islam Berkemajuan”. Penambahan kata “gerakan” menunjukkan bahwa spirit Persyarikatan sebagai suatu organisasi yang bertujuan untuk menegakkan dan menjunjung tinggi Agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam sebenar-benarnya.

Sebagai organisasi, Muhammadiyah telah berkontribusi signifikan bagi kemajuan di Indonesia, tidak hanya bagi umat Islam melainkan juga umat beragama lainnya.

Hal ini dibuktikan dengan pendirian berbagai sekolah, perguruan tinggi, dan rumah sakit di seluruh Indonesia, termasuk di provinsi-provinsi dimana muslim merupakan minoritas.

Beberapa pencapaian terbaru yang telah dilakukan oleh persyarikatan Muhammadiyah ialah dengan pendirian sekolah dan universitas Muhammadiyah di Malaysia dan Australia.

Sejatinya Gerakan yang telah dilakukan oleh K.H. Ahmad Dahlan merupakan Gerakan Islam berkemajuan di masanya. Prof. Din Syamsudin(Ketua Umum PP Muhammadiyah Periode 2005-2010 dan 2010-2015) menyampaikan bahwa saat ini Persyarikatan harus mampu menjadi pelopor Gerakan Islam berkeunggulan.

Makna berke-Unggulan ialah seluruh pimpinan Persyarikatan di berbagai level dan pimpinan amal usaha tidak hanya melakukan business as usual, tetapi harus melakukan aksi bagaimana menjadi Gerakan yang berkeunggulan.

Dengan landasan nilai Islam yang kuat dan semangat keberagaman, Persyarikatan Muhammadiyah berhasil menjadi pionir dalam menyediakan solusi terhadap tantangan dan peluang yang dihadapi umat Muslim di Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini