UM Surabaya

Di surah lain, Alquran mengatakan jika kita tidak mengusir kejahatan, maka fasad atau kerusakan akan menyebar ke bumi:

“Adapun orang-orang yang kafir, sebagian mereka menjadi pelindung bagi sebagian yang lain. Jika kamu (hai para muslimin) tidak melaksanakan apa yang telah diperintahkan Allah itu, niscaya akan terjadi kekacauan di muka bumi dan kerusakan yang besar” (QS 8: 73). 

Di tempat lain juga, Alquran memberikan pembenaran bahwa jika umat Islam pada khususnya tidak mengumpulkan kekuatan mereka dan membela diri, maka mereka akan dihancurkan oleh pasukan musuh satu per satu dan dibunuh.

Jadi, Alquran mengatakan bahwa kita harus berjuang melawan musuh sebagai satu kelompok, karena mereka semua berjuang melawan kita juga sebagai satu kelompok: “…dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya” (QS 9: 36).

Selama ini ada pendekatan berbasiskan ‘mata dibalas dengan mata,’ tapi di sisi lain juga ada pendekatan ‘berikan pipi kananmu bila pipi kirimu ditampar.’

Tapi Alquran mengambil pendekatan yang seimbang dalam hal ini. Alquran mengatakan bahwa kita bisa memberikan pipi yang lain jika itu akan membantu.

Kita bisa membalas kejahatan dengan kebaikan. Kita bisa berpaling, menghindari musuh dan tidak mempedulikan hinaan dan caci maki.

Tapi ada saatnya kita perlu membela diri. Jadi, ini adalah pendekatan yang seimbang, mendapatkan maslahat dari kedua sisi ekstrim.

Sekarang kita menyaksikan penindasan berupa genosida yang dilakukan oleh zionis Israel terhadap Palestina. Lalu, apa yang ditawarkan Alquran dalam hal ini?

Terus terang umat Islam sangat terpengaruh meskipun tidak secara langsung. Kita tidak hanya menonton tapi juga terkena dampaknya.

Hal ini mengubah siapa kita sebagai warga dunia. Seperti saat kita bercermin, apa yang kita katakan tentang diri kita sendiri?

Apakah kita hanya menjadi penonton yang diam? Apakah kita adalah bagian masyarakat dunia yang membiarkan kekejaman terus berlanjut?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini