UM Surabaya

Apa yang akan kita katakan kepada cucu kita bahwa kita hidup dalam situasi seperti ini dan tidak melakukan apa pun?

Jadi ya, sesuatu harus dilakukan, tapi apa? Dan sekarang kita perlu memastikannya agar kita tidak melakukan sesuatu yang melanggar hukum.

Sesuatu yang akan semakin meningkatkan konflik dan menyebabkan lebih banyak kerugian bagi lebih banyak orang, termasuk diri kita sendiri.

Yang diperlukan adalah kita bergabung dalam aksi protes untuk mendorong kekuatan dunia melakukan apa yang bisa dilakukan sesuai dengan kekuasaan kita. Sebuah hadis mengatakan:

“Barang siapa melihat keburukan, maka dia harus mengubahnya dengan kekuasaannya (paksaan). Jika dia tidak mempunyai kekuatan untuk melakukan hal itu, maka ubahlah dengan lisannya (dengan menentangnya). Dan jika dia masih tidak mempunyai kemampuan, maka setidaknya dia mengubahnya dengan hatinya (bersikap menolak).” 

Salah seorang ulama besar menjelaskan hal ini bahwa para penguasa memiliki kekuatan atau otoritas untuk mencegah kejahatan dengan kekerasan atau paksaan.

Jadi, kita harus berseru dengan lidah atau ucapan kita kepada negara-negara besar di dunia untuk campur tangan dan menghentikan penindas untuk tidak melakukan penindasan.

Ini untuk memastikan perang ini berakhir, bahwa ada gencatan senjata permanen. Setidaknya anak-anak Gaza merasa aman untuk hidup, bernapas dan bernyanyi. (*)

*) Artikel ini juga tayang di suaramuhammadiyah.id

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini