Menanamkan Rasa Syukur pada Diri Sendiri
foto: islamonline

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“A grateful person is a person who knows how to enjoy life.”

(Orang yang bersyukur adalah orang yang tahu cara menikmati hidup)

Menanamkan rasa syukur pada diri sendiri adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Syukur membantu kita untuk menumbuhkan rasa optimistis dan memberikan kita kekuatan untuk menghadapi segala tantangan hidup.

Syukur adalah rasa terima kasih yang tulus kepada Allah SWT atas segala nikmatnya. Nikmat-nikmat tersebut bisa berupa kesehatan, keluarga, pekerjaan, atau bahkan udara segar yang kita hirup setiap hari.

Allah SWT berfirman:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur (nikmat-Ku), niscaya Aku akan menambah (nikmat-Ku) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS.Ibrahim:) 7)

Dari ayat ini, kita bisa belajar bahwa Allah SWT menjanjikan pahala yang besar bagi orang-orang yang bersyukur atas nikmat-nikmat yang diberikan kepada mereka.

Selain itu, Rasulullah saw juga menyebutkan bahwa syukur adalah inti dari ibadah. Dari Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah saw bersabda:

لاَ يَشْكُرُ اللَّهَ مَنْ لاَ يَشْكُرُ النَّاسَ

“Tidak dikatakan bersyukur pada Allah bagi siapa yang tidak tahu berterima kasih pada manusia.” (HR. Abu Daud No. 4811 dan Tirmidzi No. 1954)

Dari hadis ini, kita belajar bahwa tidak dikatakan bersyukur kepada Allah SWT, bagi yang tidak berterima kasih kepada orang-orang di sekitar kita.

Cara menanamkan rasa syukur pada diri sendiri sangatlah mudah.

Pertama, cobalah untuk selalu memperhatikan nikmat-nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita.

Nikmat tersebut bisa berupa kesehatan, keluarga, pekerjaan, atau bahkan udara segar yang kita hirup setiap hari.

Kedua, cobalah untuk mencatat hal-hal yang kita syukuri setiap hari. Tulislah dalam sebuah buku kecil atau catat di gadget Anda.

Dengan memperhatikan nikmat-nikmat tersebut dan mencatatnya, kita akan lebih mudah merasakan rasa syukur dalam hati kita.

Ketiga, ajaklah untuk bersyukur bersama keluarga dan teman-teman kita. Misalnya, kita bisa mengadakan acara makan bersama setelah salat untuk mempererat rasa syukur kita.

Jadi Menanamkan rasa syukur pada diri sendiri sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari.

Selain membantu kita untuk menumbuhkan rasa optimistis, syukur juga memberikan kita kekuatan untuk menghadapi segala tantangan hidup.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini