UM Surabaya

Keterbukaan Muhammadiyah 

Dalam menangkal adanya radikalisme dan terorisme yang dapat mengancam keutuhan bangsa Indonesia, Muhammadiyah juga terus berupaya untuk mendorong pemerintah melalui pendekatan moderasi bukan hanya melalui pendekatan keamanan saja.

Jalan tengah yang diambil oleh Muhammadiyah sangat berguna bagi peradaban dunia. Muhammadiyah berpotensi sebagai penghubung kelompok Islam di Indonesia khususnya dan kelompok Islam dunia pada umumnya.

Hal tersebut membuat Muhammadiyah relatif dapat diterima dan dapat bekerja sama dengan berbagai kelompok Islam yang lainnya. Keterbukaan Muhammadiyah dalam menerima kritik dan saran membuat Muhammadiyah memiliki citra positif sebagai gerakan persyarikatan Islam yang luwes dan tidak konservatif.

Terakhir, sebagaimana tema besar yang diusung yaitu “Islam berkemajuan”, Muhammadiyah terus berikhtiar serta turut mengambil peran sebagai gerakan Islam yang memilih jalan tengah dalam hal pemikiran maupun gerakannya.

Di tengah perkembangan zaman dan arus teknologi, Muhammadiyah tetap memegang erat prinsip wasathiyah (jalan tengah) sebagai sikap yang tidak ekstrem serta tidak berlebihan baik dalam hal ibadah maupun muamalah-duniawiyah.

Maka di usianya yang ke 111 ini, semoga Muhammadiyah dapat terus memberikan manfaat dan sumbangsih baik dari segi kemanusiaan, peradaban dan kebaikan-kebaikan lainnya.

Selain itu, sikap moderat Muhammadiyah diambil semata bukan karena alasan mencari aman semata, namun Muhammadiyah berupaya untuk mencegah dan mendistorsi pikiran ekstrem yang dapat merusak dan merugikan Muhammadiyah dan seluruh warganya.

Peran Muhammadiyah 

Muhammadiyah juga turut berperan aktif dalam menjaga keutuhan bangsa Indonesia dengan menjunjung tinggi semangat persatuan dan menolak pemaksaan kehendak. Maka, Muhammadiyah terus menebarkan prinsip cinta damai dan toleransi.

Selain itu, Muhammadiyah juga menjadikan Indonesia sebagai rumah besar yang menyatukan perbedaan tersebut dan sebagai wadah untuk mempersatukan beragam suku bangsa dan umat beragama.

Keberagaman yang terorganisir tersebut diharapkan dapat melahirkan kekuatan yang besar dan melahirkan kebaikan-kebaikan yang lain.

Dengan adanya upaya secara sadar yang dilakukan Muhammadiyah dalam menentukan arah gerakannya tersebut serta sikap moderat yang ditunjukkan oleh Muhammadiyah, gerakan ini dapat menjadi gerakan yang kokoh yang tak mudah digoyahkan ideologi dan prinsipnya. (*)

*) Artikel ini juga tayang di suaramuhammadiyah.id

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini