Kisah Mahasiswa UMM Rasakan Serunya Magang di Kedubes Ceko
Aldin Ulil Amri Ramadhan di depan Kantor Kedubes Ceko. foto: ist

Tidak sedikit mahasiswa yang bermimpi ingin merasakan berkuliah hingga dapat bekerja di luar negeri.

Kuliah dan bekerja di luar Indonesia mempunyai privilese yang lebih dan banyak mendapatkan pengalaman dan ilmu baru yang dapat dibagikan saat kembali ke tanah air.

Hal itu dikatakan Aldin Ulil Amri Ramadhan, Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang berkesempatan untuk mewujudkan mimpinya dengan magang di Kedutaan Besar Indonesia untuk Ceko, Praha.

Aldin melaksanakan magang di kantor kedutaan besar Indonesia di Kota Praha, Ceko selama kurang lebih 3 bulan dari September-Desember 2023 lalu. Tiap minggunya, ia diberikan tugas yang berbeda-beda.

“Selama tiga bulan kemarin, ada sistem magang yang diberlakukan di kantor. Tiap tiga minggunya ada rotasi divisi, di mana terdapat 4 divisi yang mempunyai tantangan yang berbeda-beda,” Ujarnya.

Minggu pertama, ia mendapatkan divisi Penerapan sosial dan Budaya. Mendampingi berbagai proyek film yang ingin mengambil gambar di Indonesia maupun sebaliknya merupakan kesehariannya saat itu.

Aldin juga merekap dan mengurus segala proses perizinan pembuatan film, serta turut aktif ikut dalam melaksanakan pengenalan budaya Indonesia ke Masyarakat Ceko, dengan tujuan membangun hubungan diplomasi antar negara.

Bahkan acara tersebut dihadiri langsung oleh Istri presiden negara Ceko dan duta besar dari berbagai negara.

“Divisi Atase Politik jadi divisi saya berikutnya. Saya Banyak melakukan research mengenai kondisi politik Indonesia dan Ceko serta permasalahan dunia yang lagi memanas. Tidak hanya itu saya juga membuat laporan mingguan yang akan diserahkan langsung kepada kementerian luar negeri Indonesia,” Katanya.

Ia juga banyak belajar saat di divisi Ekonomi Intelligent. Mencari tahu peluang ekonomi di Ceko untuk bisa bekerja sama dengan Indonesia dan merekap kegiatan ekspor impor antara dua negara.

“Saya sangat bersyukur mendapatkan pengalaman itu. Saya juga diajari cara mendapatkan kecukupan data untuk mengelola keuangan,” tambahnya.

Aldin juga menceritakan bahwa ia juga mengisi waktu luangnya dengan berkunjung ke beberapa tempat bersejarah di Ceko.

Negeri dengan julukan 1000 kastil tersebut ia jelajahi dan belajar sejarahnya dengan berkunjung ke berbagai museum.

Tak hanya itu, Anak tunggal di keluarganya itu pun mengisi waktu luangnya dengan berkunjung ke negara tetangga Ceko. Jerman, Polandia, dan Austria menjadi negara tujuannya.

Di sana ia banyak mengunjungi Museum bersejarah dan tempat wisata alam yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

“Dengan magang ini, banyak pengalaman menarik yang saya dapatkan di luar perkuliahan. UMM dan prodi saya sungguh mendukung penuh selama proses magang berlangsung. Magang ini dapat saya konversikan ke mata kuliah, sehingga dapat meringankan proses belajar di Kampus Putih,” pungkasnya. (ri/wil/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini