Spirit Islam: Relevansi Abadi dalam Zaman Modern
foto: anews.com.tr

*) Oleh: Moh. Saiful Hilal
Anggota Majelis Tabligh PDM Bangkalan

Islam, sebagai agama yang mencakup seluruh aspek kehidupan, memiliki spirit atau semangat yang tetap relevan dan abadi dalam menghadapi tantangan zaman modern.

Sebagai suatu ajaran yang diwahyukan lebih dari 1.400 tahun yang lalu, prinsip-prinsip Islam membawa petunjuk yang dapat diterapkan dalam setiap era, termasuk zaman yang terus berkembang dengan cepat ini.

Dengan laju kemajuan teknologi, globalisasi, dan perubahan sosial yang terus-menerus, banyak orang mungkin bertanya-tanya apakah ajaran agama, termasuk Islam, masih memiliki tempat dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, spirit Islam tidak hanya relevan tetapi juga memberikan kerangka kerja moral dan spiritual yang diperlukan dalam menghadapi tantangan zaman modern.

Pertama-tama, spirit Islam tercermin dalam nilai-nilai universal seperti keadilan,
kedermawanan, dan kasih sayang.

Ajaran-ajaran ini tidak terbatas oleh waktu atau tempat, melainkan bersifat abadi dan dapat diaplikasikan dalam berbagai konteks kehidupan modern.

Semisal konsep zakat dalam Islam, atau pembagian harta kepada yang membutuhkan, dan juga sebagai Upaya dalam mengatasi ketidaksetaraan ekonomi, dalam surah Az-Zariyat ayat 19, Allah SWT berfirman:

وَفِيْٓ اَمْوَالِهِمْ حَقٌّ لِّلسَّاۤىِٕلِ وَالْمَحْرُوْمِ

“Dan pada harta benda mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan
orang miskin yang tidak meminta.”

Orang-orang yang bertakwa itu selalu taat dalam melaksanakan ajaran Allah. Mereka juga menyadari bahwa pada harta benda yang mereka miliki sesungguhnya ada hak yang mesti dikeluarkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini