NA Jatim Ajak UMKM Manfaatkan Media Sosial untuk Digital Marketing
Nasyiatul Aisyiyah (NA) Jawa Timur menyelenggarakan Webinar mengenai Optimasi Media Sosial dan Pemasaran Digital melalui platform Zoom
UM Surabaya

Nasyiatul Aisyiyah (NA) Jawa Timur menyelenggarakan Webinar mengenai Optimasi Media Sosial dan Pemasaran Digital melalui platform Zoom bagi pelaku UMKM, Minggu (21/1/2024). Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari berbagai daerah yang tergabung dalam kelompok APUNA (Asosiasi Pengusaha Nasyiah) ambil bagian dalam zoom tersebut.

Kegiatan ini bentuk komitmen dan tindak lanjut NA Jatim, dalam mendorong para kader untuk berwirausaha. Kegiatan dilaksanakan hasil kerja bareng  dari Tim Pengabdian Masyarakat UMM dan BIdang Ekonomi dan Kewirausahaan Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Jawa timur.

Wakil ketua Maharina Novia Zahro menyampaikan, program ini adalah agenda awal untuk membuka wawasan tentang pentingnya pengetahuan pemasaran digital bagi pengusaha di NA.

“Pengusaha di NA juga harus update terkait perkembangan sosial media agar bisa lebih bersaing dan meningkatkan nilai tambah produknya. Setelah ini akan ada tindak lanjut temu APUNA secara offline, semoga berbagai forum yang akan dibuat oleh departemen ekonomi dan kewirausahaan ke depan dapat digunakan dengan baik oleh para Apuna untuk meningkatkan skill dalam berwirausaha” Jelasnya.

Sementara itu, Rahadi, Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, menyoroti pentingnya literasi dan kemampuan digital untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah memberikan literasi sekaligus skill terkait optimasi media sosial untuk tujuan pemasaran digital bagi para anggota APUNA,” jelas Rahadi.

Harapan ke depan dari kegiatan ini adalah agar para pengusaha APUNA dapat memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran yang kreatif.

“Sebagai entrepreneur saat ini, tentunya harus bisa secara responsif dan kreatif memanfaatkan media sosial sebagai branding sekaligus pemasaran produk kita,” jelasnya.

Dalam rangka mengembangkan peluang pemasaran digital, kegiatan ini menghadirkan narasumber yang telah lama berkecimpung di dunia bisnis digital dan telah menghandle ratusan merek.

Alif Devin, Founder Baratie Studio menyampaikan,  dalam bisnis digital, konten memiliki peran yang sangat penting dalam proses pemasaran. Konten yang berkualitas dan relevan dapat meningkatkan brand awareness, memengaruhi keputusan pembelian, dan mengembangkan bisnis jangka panjang.

Alif menyoroti bahwa kesulitan utama pebisnis digital pemula adalah mendapatkan ide untuk dijadikan sebagai konten.

“Kesulitan pemula, biasanya, adalah menampung ide untuk dijadikan sebagai konten,” ungkap Alif.

Namun demikian, Alif memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para peserta.

Di akhir pemaparan, Alif membagikan jurus pamungkas yang dapat diterapkan untuk menjangkau calon pembeli di platform media sosial Instagram, yaitu Instagram Marketing Ala Caper.

“Seperti yang kita semua tahu, sistem pertemanan di Instagram diwujudkan dalam 3 aktivitas utama, yaitu Follow target audiens supaya penasaran, lalu like dan komentari, dan jangan malu untuk mengirim pesan,” pungkasnya. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini