UM Surabaya

Segala pertemuan yang tidak didasari saling menasihati dalam kebaikan, ketakwaan, dan amal saleh akan berakhir pada permusuhan.

Seorang anak akan menuntut bapak ibunya karena tidak di ajari untuk mengenal Allah dan syariatnya.

Seorang istri akan menggugat suaminya karena hanya sibuk kerja tanpa memberikan arahan agama. Seorang teman akan saling menjatuhkan sahabatnya karena tidak pernah mengajak kepada amal saleh.

Keadaan keempat: Mereka bertemu di dunia dan bertaut di akhirat

Mereka adalah orang orang yang sewaktu hidup di dunia saling mengingatkan dan menasihati tentang kebaikan.

Bersama- sama mengerjakan ketaatan dan amal saleh. Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dengan benar.

Mereka saling mencintai dan mengasihi atas dasar keimanan dan ketakwaan. Ketika salah satu dari mereka jatuh dalam keburukan dan lalai dari Allah, mereka pun saling menasihati.

Sehingga kelak Allah akan mempertemukan mereka di tempat yang lebih baik, yaitu di surga-Nya.

Allah Ta’ala berfirman:

“Dan orang-orang yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikit pun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.” (QS. Ath-Thur: 21)

Ayat ini adalah bentuk pemuliaan Allah Ta’ala terhadap orang-orang yang beriman. Bahkan, tatkala seseorang telah masuk surga, akan tetapi ternyata anak-anaknya atau orang tuanya berada beberapa derajat surga di bawahnya, maka di antara bentuk pemuliaan terhadap mereka adalah Allah akan setarakan derajat mereka. (lihat At-Tibyan fi Aqsam Al-Quran li Ibnu Al-Qayyim, hal. 276)

Rasulullah saw juga menerangkan mengenai tujuh golongan yang akan mendapatkan naungan Allah pada hari kiamat di mana tiada naungan selain dari-Nya.

Di antara golongan tersebut adalah:

“Dua orang yang saling mencintai karena Allah. Mereka berkumpul dan berpisah dengan sebab cinta karena Allah.” (HR. Bukhari Muslim)

Insya Allah pertemuan kita dengan keluarga, kerabat dan sahabat bukanlah pertemuan sesaat yang tiada lagi pertemuan setelahnya. Kita memohon agar dikumpulkan kembali di akhirat dengan selamat. Aamiin. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini