Jangan Keburu Tinggalkan Tempat Salat
foto: learnreligions
UM Surabaya

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

اَلْمَلاَئِكَةُ تُصَلِّي عَلَى أَحَدِكُمْ مَا دَامَ فِي مُصَلَّاهُ الَّذِي صَلَّى فِيهِ، مَا لَمْ يُحْدِثْ، تَقُولُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ، اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ

“Malaikat mendoakan salah seorang dari kalian, selama dia tetap di tempat Sholatnya, dan tidak berhadats. Mereka (malaikat)mendoakan, ‘Ya Allah ampunilah ia.. Ya Allah, rahmatilah ia..” (HR. Bukhori)

Imam Hafiz Ibnu Hajar menjelaskan

قال الحافظ ابن حجر رحمه الله:

” قوله: ( في مصلاه ) أي:
في المكان الذي أوقع فيه الصلاة من المسجد، وكأنه خرج مخرج الغالب،
وإلا فلو قام إلى بقعة أخرى من المسجد مستمرا على نية انتظار الصلاة كان كذلك ”
انتهى من ” فتح الباري ” (2/136)

Al-Hafidz Ibnu Hajar rahimahullaah memahami “mushallaahu” adalah seluruh tempat sholat di masjid.

Seandainya dia berdiri untuk berpindah dari satu tempat di masjid ke sudut masjid yang lain, maka keutamaan menunggu salat itu tetap akan dia dapatkan.

Terlebih jika ketika dia berdiri berpindah tersebut juga untuk menunggu waktu solat, dan dengan berpindah kedudukan itu lebih membantunya untuk menunggu salat.

Misalnya, tempat asalnya kurang nyaman, kemudian dia bangkit berdiri berpindah ke tempat lain di masjid yang lebih nyaman (misalnya, di tempat yang baru dia boleh bersandar di tiang masjid) sehingga boleh lebih khusyuk dalam menunggu sampainya waktu salat berikutnya.

Ibnu Baththol rahimahullah berkata :

فمن كان كثير الذنوب وأراد أن يحطها الله عنه بغير تعب فليغتنم ملازمة مكان مصلاه بعد الصلاة ليستكثر من دعاء الملائكة واستغفارهم له، فهو مرجو إجابته

“Siapa yang banyak dosanya dan ingin Allah menghapus (dosa tersebut) tanpa ia bersusah payah, maka hendaknya ia banyak menetap di tempat salatnya setelah salat, dan malaikat banyak mendoakan dan memohonkan ampunan kepadanya..” (Syarh Shohih Al Bukhori by Ibnu Baththol 2/95). (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini