Masjid Juga untuk Membangun Peradaban, Memberdayakan Masyarakat
Ketua PP Muhammadiyah, Anwar Abbas melakukan peresmian Masjid At Taqwa Universitas Muhammadiyah Semarang
UM Surabaya

Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Anwar Abbas Anwar Abbas menyampaikan betapa pentingnya upaya memakmurkan masjid, sebab masjid bagi Umat Islam merupakan pusat untuk membangun peradaban maju. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh generasi awal umat ini.

“Masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi jadikan sebagai tempat untuk membangun peradaban, untuk memberdayakan masyarakat,” ungkap Anwar Abbas dalam amanatnya saat meresmian Masjid At Taqwa Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), Ahad (28/1/2024).

Dalam peresmian, Anwar Abbas didampingi oleh Ketua Lembaga Pengembangan Cabang, Ranting dan Pengembangan Masjid (LPCRPM) PP Jamaluddin Ahmad, serta jajaran Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah.

Sebagai sosok yang memiliki concern bidang ekonomi, Abbas menyebut, masjid tidak hanya untuk dimakmurkan, melainkan juga dari masjid bisa memakmurkan umat, bahkan bangsa dan kemanusiaan global.

“Mari masjid ini kita makmurkan, dan jadikan masjid ini bisa memakmurkan,”imbuh Anwar Abbas.

Secara lebih khusus Anwar Abbas berpesan supaya Pemuda Muhammadiyah, termasuk Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) secara luas untuk kembali ke masjid. Generasi muda yang kembali ke masjid menurutnya akan memberikan dampak luar biasa bagi Muhammadiyah tidak hanya di masa kini, tapi juga nanti.

Pesan serupa juga dia tujukan kepada warga Muhammadiyah secara umum. Jangan sampai masjid-masjid Muhammadiyah itu sepi. Lebih mengkhawatirkan lagi jika masjid-masjid itu diisi oleh orang lain.

Sementara itu, Ketua LPCR PM PP Muhammadiyah, Jamaluddin Ahmad menyampaikan bahwa masjid yang makmur menjadi salah satu dari enam ruh yang menjadikan Cabang dan Ranting Muhammadiyah eksis dan berkembang.

Secara urut, Jamal menyebutkan enam ruh Cabang dan Ranting Muhammadiyah adalah pengajian rutin, masjid yang makmur, pelaksanaan rapat rutin, beramal dengan ikhlas dan gembira, menggerakkan Muhammadiyah dengan dukungan keluarga, serta partisipasi aktif anak muda.

Khusus untuk Masjid At Taqwa di Semarang, Jateng ini mendapat predikat Masjid Unggulan karena semaraknya kegiatan yang diadakan; seperti gebyar rajab, tahsin bersanad, sepekan maos setengah juz, asah tilawah, ngaji kahfi, tahajud berjamaah, happy breakfast, badminton cup, kajian hijrah friday night, dan festival anak soleh. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini