UM Surabaya

Allah SWT berfirman:

“Maka, yang benar (adalah sumpahKu) dan hanya kebenaran itulah yang Aku katakan. Aku pasti akan memenuhi (neraka) Jahanam denganmu dan orang yang mengikutimu di antara mereka semuanya.” (QS. Shad: 85)

Sehingga, sebagai hamba Allah Ta’ala, kita harus berhati- hati. Jangan sampai termasuk dari pengikut bisikan- bisikan setan dan juga iblis. Karena mengikuti bisikan mereka merupakan penghalang untuk beristikamah.

3. Meremehkan dosa

Di antara penghalang untuk istikamah adalah seseorang meremehkan dosa. Sehingga, ia terjatuh ke dalam dosa tersebut.

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Jauhilah oleh kalian sifat meremehkan dosa ! Karena dosa- dosa itu tidaklah berkumpul pada seseorang, melainkan akan membinasakannya.” (Diriwayatkan oleh Ahmad, 1: 402. Disahihkan oleh Al-Albani dalam At- Targhib 2470)

Dengan sebab dosa, seseorang dapat terhalang dari ibadah. Dengan sebab dosa, seseorang dapat terhalang dari mengerjakan kebajikan dan takwa.

Dengan sebab dosa, seseorang dapat terhalang dari istikamah. Maka, berusahalah untuk menjauhi dosa-dosa yang Allah Ta’ala dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wasallam telah larang.

4. Lemah semangat dan panjang angan-angan

Seseorang yang lemah semangat dan panjang angan-angan akan sulit untuk istikamah. Sebagian orang ada yang hanya berangan-angan untuk beramal. Namun, ia tidak bergerak untuk beramal dan mencoba untuk istikamah.

Ia tenggelam di dalam taswif (menunda- nunda) amalan dan tenggelam di dalam angan-angannya. Dalam sebuah syair dikatakan:

“Wahai orang-orang yang sibuk dengan dunianya
Sungguh ia telah tertipu dengan panjangnya angan- angan
Kematian akan datang kepadanya secara tiba-tiba
Kubur pun akan menjadi perbendaharaan amalnya.” [1]

Tentu masih banyak lagi penghalang- penghalang istikamah. Setidaknya keempat hal di atas yang benar-benar harus dihindari agar kita tetap istikamah. Karena istikamah bukan hal mudah, maka perlu adanya usaha lebih untuk bisa istikamah.

Tips Agar Tetap Istikamah

Di antara tips yang diajarkan Nabi saw agar tetap istikamah adalah tetaplah beramal walaupun sedikit. Karena yang terpenting adalah bukan banyaknya amal, namun yang terpenting adalah tetap beramal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini