Tak Ada Balasan Kebaikan Kecuali Kebaikan
foto: getty images
UM Surabaya

*) Oleh: Sigit Subiantoro
Anggota Majelis Tabligh PDM Kabupaten Kediri

Hidup sejatinya tak ubahnya seperti roda sepeda. Baik atau buruk yang kita lakukan, maka akan berputar kembali kepada kita.

Jika kita berbuat buruk, maka keburukan pula yang akan kita dapatkan. Dan jika berbuat baik, maka kebaikan pula yang akan kita dapatkan.

Karena itu perbaiki terus niatmu dalam melakukan banyak hal. Sebab setiap kali engkau memperbaiki niatmu untuk kebaikan, maka Allah jaga akan memperbaiki keadaanmu untuk kebaikan.

Dan setiap kali engkau memberikan kebaikan untuk orang lain, maka engkau juga akan mendapatkan kebaikan dari arah yang tidak kau sangka-sangka.

Dan saat kita hidup membahagiakan orang lain, maka Allah juga akan memberikan rezeki berupa orang lain yang akan membahagiakan kita.

Karena itu berusahalah untuk terus memberi banyak hal dalam kebaikan. Karena setiap kali engkau memberi, maka engkau akan menerima sebuah kebaikan tanpa meminta sekalipun. Karena tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan pula.

Yaitu tidak ada balasan bagi orang yang berbuat baik di dunia, melainkan Allah juga akan memperlakukan dengan baik di akhirat.

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman:

“Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).” (QS Ar-Rahman 60)

Karena itu terus berusahalah untuk tetap melakukan kebaikan, walaupun itu kecil. Sebab merugilah jika hidup yang singkat ini, namun setiap hari kita kosong dalam catatan kebaikan.

Semoga hal ini menjadi penyemangat kita semua dalam melakukan kebaikan, dan semoga kita termasuk di antara orang-orang yang istiqamah dalam kebaikan dan yang akan mendapatkan banyak kebaikan dari Allah.

Barakallahu fiikum. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini