Segalanya Baik Bagi Mukmin
foto: adobestock
UM Surabaya

*) Oleh: Ferry Is Mirza DM

Dari Abu Yahya Suhaib bin Sinan radhiyallahu anhu ia berkata, Rasûlullâh shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Sungguh menakjubkan urusan seorang Mukmin. Sungguh semua urusannya adalah baik, dan yang demikian itu tidak dimiliki oleh siapa pun kecuali oleh orang Mukmin. Yaitu, jika ia mendapatkan kegembiraan ia bersyukur dan itu suatu kebaikan baginya. Dan jika ia mendapat kesusahan, ia bersabar dan itu pun suatu kebaikan baginya.” (HR. Muslim 2999 /64; Ahmad, VI/16; Ad-Darimi, II/318 dan Ibnu Hibban 2885, at-Ta’lîqatul Hisân ‘alâ Shahîh Ibni Hibbân)

Kebaikan dan keburukan sudah ditakdirkan oleh Allâh Azza wa Jalla . Wajib beriman kepada takdir baik dan buruk.

Seorang Muslim wajib mensyukuri semua nikmat yang Allâh Azza Wa Jalla karuniakan kepadanya. Nikmat-nikmat Allâh Azza Wa Jalla kepada kita tidak akan dapat kita hitung.

Syukur kepada Allâh Azza Wa Jalla dengan melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Kalau kita berpikir dengan akal yang waras dan hati yang sadar, maka kita mendapati bahwa diri kita pada hakikatnya belum bersyukur kepada Allâh Subhanahu Wa Ta’ala dengan sebenarnya.

Orang Mukmin yang sempurna keimanannya dan tulus keyakinannya akan senantiasa bersyukur kepada Allâh Subhanahu Wa Ta’ala ketika merasakan kegembiraan.

Seorang Mukmin harus senantiasa memohon kepada Allâh Subhanahu Wa Ta’ala agar menjadi hamba yang selalu bersyukur kepada-Nya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kepada Mu’âdz bin Jabal radhiyallahu anhu sebuah doa yang selalu dibaca di akhir salat yang wajib:

“Ya Allâh, tolonglah aku untuk dapat berzikir kepada-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan beribadah dengan baik kepada-Mu.” (HR. Ahmad)

Seorang Mukmin wajib bersabar dalam melaksanakan ibadah kepada Allâh Subhanahu wa Ta’ala .

Hidup ini merupakan cobaan dan ujian. Maka konsekuensi dari segala macam cobaan dan ujian adalah sabar.

Orang Mukmin yang sempurna keimanannya akan senantiasa bersabar atas kesulitan, kesedihan, musibah, penyakit dan lainnya yang menimpanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini