40 Kader Muhammadiyah Ikut Pelatihan Ilmu Falak/Hisab MTT PDM Sidoarjo
Pelatihan Ilmu Falak/Hisab di SMAMDA 2 Sidoarjo. fiti: a. nidlom/majelistabligh.id

Majelis Tarjih dan Tajdid (MTT) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sidoarjo menggelar pelatihan Ilmu Falak/Hisab di Aula SMA Muhammadiyah (SMAMDA) 2 Sidoarjo, Sabtu-Minggu (3-4/2/2024).

Pelatihan ini diikuti 40 kader Muhammadiyah. Mereka berasal dari unsur Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), guru, takmir masjid dan utusan Pimpinan Cabang Muhammadiyah se-Sidoarjo.

Dari pelatihan ini, para peserta ditargetkan memiliki kompetensi dalam menentukan kapan awal bulan Hijriah dan juga dapat mengukur arah kiblat.

Bagi mayoritas orang, Ilmu Falak/Hisab tidak kelewat digemari. Karena termasuk ilmu yang distigma susah dikuasai. Kecuali bagi orang-orang yang suka ilmu hitung atau matematika.

Dalam sambutan pembukaan, Sabtu (3/2/2024), Sekretaris MTT PDM Sidoarjo Dr. Fazlurrahman Hadi mengatakan, MTT PDM Sidoarjo tertantang untuk menghadirkan pelatihan ilmu Falak/Hisab yang mudah dipahami para peserta.

“Oleh karena itu, pelatihan ini menghadirkan para pakar di bidangnya. Ini agar penyampaian materi dapat dibuat menyenangkan dan peserta mudah paham,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menyatakan, pelatihan ini bebas biaya, dapat makan, minum, snack dan sertifikat.

“Pokoknya, full bahagia,” cetus Fazlurrahman, lalu disambut tepuk tangan gembira para peserta.

40 Kader Muhammadiyah Ikut Pelatihan Ilmu Falak/Hisab MTT PDM Sidoarjo
Peserta melakukan praktik penghitungan Ilmu Falak/Hisab. foto: a. nidlom/majelistabligh.id

Jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sidoarjo yang hadir Wakil Ketua; Dr Zainuddin MZ, Dr. Pancanto Kuat Prabowo, dan Sekretaris; Burhanuddin, S.Th.I., M.Pd.

Kegiatan ini dibuka oleh Dr Zainuddin MZ, Wakil Ketua PDM Sidoarjo yang membidangi MTT.

Dalam sambutannya, Zainuddin MZ menyatakan apresiasi positif atas terlaksananya kegiatan ini.

Menurut dia, kerja Divisi Falak/Hisab tidak hanya berhenti pada pelatihan.

“Tapi juga melayani masyarakat dan tempat ibadah, masjid-musala untuk diukur arah kiblatnya, lalu diberikan semacam syahadah atau sertifikat,” jelas dia.

Dalam acara itu, Zainuddin MZ juga melaunching buku karyanya berjudul, Menentukan awal bulan Ramadhan dengan Ilmu Hisab, Apakah Bid’ah?

Hadir sebagai nara sumber para praktisi yang ahli dan andal dalam bidang Falak/Hisab. Di antaranya, Dr Sriyatin Sodik, MAg (anggota Badan Hisab/Rukyat Kementerian Agama Pusat), M. Syamsu Alam Darajat dan Tim Falakiyah Surabaya, serta Jarot Iswanto (Divisi Falak/Hisab MTT PDM Sidoarjo).

Testimoni pelaksanaan pelatihan ini disampaikan salah seorang peserta, Fuad Syukri Zein.

“Saya senang karena ternyata belajar ilmu Falak/Hisab itu bisa dengan enjoy,” tutur dia.

Kegiatan ini didukung UMSIDA, SMAMDA, BAYT AL FATH, PT. Karya Bagus Bermanfaat, SIMPATI Konveksi, dan beberapa donatur lainnya. (afifun nidlom)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini