UM Surabaya

Banyak Muslim percaya bahwa mereka tidak boleh membaca kitab suci agama lain karena Muslim sudah memiliki Alquran untuk diikuti dan tidak perlu mempelajari kitab suci lainnya.

Boleh jadi perintah itu lebih relevan pada saat masyarakat terkotak-kotak. Dulu, orang-orang Muslim dan non-Muslim masing-masing tinggal di kantong-kantong yang terpisah.

Mereka memiliki interaksi yang terbatas satu sama lain. Tapi sekarang kita memiliki interaksi secara teratur dan intens.

Dengan mengetahui apa yang ada dalam tulisan suci yang lain, maka kita bisa melakukan lebih banyak dialog. Kita dapat menghargai pandangan dan pendapat orang lain dengan lebih baik.

Kita dapat melihat kebaikan agama yang mereka praktikkan, dan kemudian, tentu saja, kita akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menawarkan Islam sebagai alternatif dan menunjukkan kepada mereka Alquran sebagai kitab suci yang juga perlu mereka baca.

Dengan menunjukkan sikap keterbukaan semacam ini, setidaknya kita bisa mengatur panggung bagi orang lain untuk menunjukkan jenis keterbukaan yang sama terhadap kitab suci yang kita yakini telah diwahyukan Tuhan untuk semua umat manusia.

Tapi saya ingin berbicara lebih umum tentang membaca beragam sumber. Ini bukan hanya tentang agama, tetapi juga tentang berbagai macam subjek.

Sama seperti saya harus mengambil jurusan ekonomi saat akan kuliah. Pada saat itu saya tidak menyukainya, tetapi kemudian saya melihat banyak penerapannya dalam kehidupan.

Saya perlu memikirkan hal-hal berkaitan dengan permintaan dan penawaran, bagaimana dengan kenaikan harga-harga dan bagaimana persediaan meningkat. Sekarang semua itu menjadi sangat relevan buat saya.

Dengan cara yang sama, jika Anda berada di satu bidang subjek, Anda bisa mulai membaca beberapa bidang lain hanya karena Anda penasaran terhadap subjek lain.

Anda mungkin menemukan bahwa ini adalah jendela lain dalam kehidupan, dan Anda bisa menghargai dan memahami kehidupan dan dunia melalui jendela baru itu.

Pertanyaannya, bagaimana kita dapat memperluas pemikiran kita, memperluas cakrawala kita, dan membuat kita lebih menghargai hal-hal di sekitar kita, dan juga untuk menguasai apa yang ada di sekitar kita?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini