Penasihat Grand Syaikh Al Azhar Bicara Persamaan Gender di UM Surabaya
Nahla Sabri al-Saidi menjadi pembicara kuliah umun di UM Surabaya. foto: ist

Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya kedatangan tamu istimewa, Kamis (8/2/2024). Dia, Prof. Dr. Nahla Sabri al-Saidi, penasihat Grand Syaikh Al Azhar bidang Mahasiswa Asing Universitas Al-Azhar University Cairo, Mesir.

Nahlah Sabri yang datang bersama Prof. Dr. Din Syamsuddin (mantan ketua umum PP Muhammadiyah), menjadi salah satu pemateri Kuliah Umum bertajuk “Persamaan Gender dalam Islam; Normatif dan Historis”.

Kegiatan yang diselenggarakan Fakultas Agama Islam dan Pascasarjana UM Surabaya ini bertepatan dengan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1445 H.

Nahlah Sabri yang juga Dekan Fakultas Studi Islam Al-Azhar University itu menyampaikan, perempuan dan laki-laki memiliki hak dan kewajiban yang sama, baik dalam mendapatkan pendidikan, pekerjaan, dan perlakuan.

Penasihat Grand Syaikh Al Azhar Bicara Persamaan Gender di UM Surabaya
Kuliah umum tentang gender di UM Surabaya. foto: ist

“Akan tetapi sama di sini tidak dimaknai harus sama dengan mutlak, persis dengan laki laki.

Kata dia, sama yang dimaksud juga tidak menjadikan perempuan mengubah tabiatnya seperti laki-laki. Sebagaimana banyak yang menyalah pahamkan di era ini tentang perkara tersebut.

“Perempuan tetap dalam jati diri keperempuanan. Jika ia sebagai seorang istri berprilaku seyogyanya istri,” papar Direktur Pusat Pengembangan Pembelajaran bagi Mahasiswa Asing Al-Azhar University itu.

Sementara itu, Prof Syamsuddin menyampaikan bahwa kunjungan Nahlah Sabri ini bisa dibilang semacam road show. Dimulai dari Sumbawa di Pondok Dea Malela, lalu UM Surabaya dan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida).

“Dan besok di Muallimin-Muallimat, juga Unisa (Universitas Aisyiyah) Yogyakarta. Terakhir di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ),” ujar Din

“Berikutnya di Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Pondok Labu, di kediaman saya yang akan mengumpulkan sekitar 40 tokoh peserta pengajian,” imbuh Din.

Penasihat Grand Syaikh Al Azhar Bicara Persamaan Gender di UM Surabaya
Nahla Sabri bersama jajaran rektorat dan doses UM Surabaya. foto: ist

Wakil Rektor IV UM Surabaya Dr. Mundakir, S.Kep.,Ns., M.Kep dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadirra Nahlah Sabry ke kampus UMSurabaya.

“Harapannya dari silaturahmi ini akan ada tindak lanjut kerja sama dengan Universitas Al Azhar. Dapat berupa pertukaran beasiswa mahasiswa dan aspek kelembagaan yang lain,” tutur Mundakir.

Kuliah Umum ini berlangsung di ruang teater gedung G lantai 7 UMSurabaya. Dihadiri ratusan peserta yang terdiri dari dosen FAI, Pascasarjana, Ma’had Umar bin Khattab dan para mahasiswa. Dimulai jam 08:00-11:30 WIB. (fazlurrahman hadi)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini