UM Surabaya

Tips Sukses

Yuli Astutik juga membeberkan empat kiat suksesnya. Pertama, manajemen waktu yang baik. Dia mengaku menjalani benar-benar bisa membawa aktivitas, yakni kuliah S3 sekaligus menjadi kaprodi, dosen, aktif dalam jalasenastri bahkan tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga .

Mengatur waktu dengan baik sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan semua tugas,” kata dia.

Kedua, meluangkan waktu yang berkualitas. Yuli menekankan perlunya meluangkan waktu yang berkualitas untuk mengerjakan penelitiannya.

“Salah satu tipsnya, setelah menyelesaikan semua pekerjaan di pagi hingga menjelang maghrib, biasanya saya mulai mengerjakan penelitian saya hingga jam 11 malam. Tidak perlu waktu yang panjang yang penting berkualitas meski hanya 30 menit,” tutur dia.

Ketiga, manajemen hati. Untuk mewujudkan hasil penelitian yang berkualitas diperlukan manajemen waktu dan manajemen hati yang baik.

Menurutnya menata hati sangat penting, saat mood sedang baik tentu segala sisi positif dalam diri terutama pikiran akan mengeluarkan hasil terbaiknya.

Keempat, berkoordinasi dan berkomunikasi dengan baik. Ini yang tidak boleh dilupakan, terutama kepada dosen maupun rekan.

“Cerdas dalam akademis saja tidak cukup, tapi diperlukan juga kecerdasan dalam sosial dan mengatur emosional,” papar Yuli.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini