UM Surabaya

Jangan Meremehkan Salat

Barang siapa yang berani meremehkan salat maka dia dengan yang lainnya akan lebih berani meremehkannya (Umar bin Khatab radhiallahu anhu)

Imam Ahmad rahimahullah juga mengatakan perkataan yang serupa:

“Setiap orang yang meremehkan perkara salat, berarti telah meremehkan agama. Seseorang memiliki bagian dalam Islam sebanding dengan penjagaannya terhadap salat lima waktu.

Seseorang yang dikatakan semangat dalam Islam adalah orang yang betul-betul memperhatikan salat lima waktu.

Kenalilah dirimu, wahai hamba Allah. Waspadalah! Janganlah engkau menemui Allah, sedangkan engkau tidak memiliki bagian dalam Islam. Kadar Islam dalam hatimu, sesuai dengan kadar shalat dalam hatimu.”

Tema Hadis yang Berkaitan dengan Alquran:

Allah membuka amalan seorang muslim dengan salat dan mengakhirinya pula dengan salat. Ini juga yang menunjukkan ditekankannya amalan salat.

“Sesungguhnya beruntunglah orang- orang yang beriman, (yaitu) orang orang yang khusyuk dalam salatnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela.

Barang siapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang- orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. Dan orang- orang yang memelihara salatnya.” (QS. Al Mu’minun: 1-9)

Allah memerintahkan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dan umatnya untuk memerintahkan keluarga mereka supaya menunaikan salat.

“Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan salat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa.” (QS. Thaha : 132)

Marilah jaga keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Ta’ala dengan istikamah menunaikan salat fardu lima waktu dan salat sunah. Serta amalan ibadah lainnya. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini