UM Surabaya

Nasihat Merupakan Hakikat Agama

Dan nasihat merupakan hakikat dari agama yang sesungguhnya. Karena agama Islam dibangun di atas nasihat. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Agama itu adalah nasihat.” (HR. Muslim no. 55)

Dalil-dalil bahwasanya para nabi dan rasul memiliki karakter penasihat

Oleh karena itu, para nabi dan rasul memiliki karakter sebagai “penasihat”. Allah Ta’ala mengabarkan tentang Nabi Nuh ‘alaihis salam tatkala berbicara dengan kaumnya.

Allah berfirman:

“Aku sampaikan kepadamu amanat-amanat Rabbku. Dan aku memberi nasihat kepadamu. Dan aku mengetahui dari Allah apa yang tidak kamu ketahui.” (QS. Al-A’raf: 62)

Allah Ta’ala juga berfirman tentang Nabi Hud ‘alaihis salam:

“Aku menyampaikan amanat-amanat Rabbku kepadamu dan aku hanyalah pemberi nasihat yang terpercaya bagimu.” (QS. Al-A’raf: 68)

Allah Ta’ala berfirman tentang Nabi shalih ‘alaihis salam:

“Maka, Shalih meninggalkan mereka seraya berkata, ‘Hai kaumku, sesungguhnya aku telah menyampaikan kepadamu amanat Rabbku, dan aku telah memberi nasihat kepadamu, tetapi kamu tidak menyukai orang-orang yang memberi nasihat.’” (QS. Al-A’raf: 79)

Dalil-dalil dari sahabat Nabi tentang nasihat

Para sahabat radhiyallahu ‘anhum juga berbaiat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam untuk menunaikan nasihat kepada kaum muslimin.

Sebagaimana dalam hadis Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata:

“Aku telah mem-bai’at Rasulullah untuk menegakkan salat, menunaikan zakat, dan menasihati kepada setiap muslim.” (HR. Bukhari 524 dan Muslim 56)

Dari Al-Mughirah bin Syu’bah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata,

“Aku mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, kemudian aku berkata, ‘Aku mem-bai’at engkau untuk Islam.’ Lalu, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam memberi syarat, ‘Dan menasihati kepada setiap muslim.’ Maka, aku membai’at beliau untuk perkara itu.” (HR. Bukhari no. 58)

Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tentang nasihat:

Mengingat betapa agungnya kedudukan nasihat dalam agama, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menafsirkan agama dengan nasihat, karena nasihat mencakup agama. Nabi Shallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Agama itu adalah nasihat.” (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini