UM Surabaya

Kedua, Amalan Sedikit Tapi Rutin

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim HR. Muslim no. 783,
dari ’Aisyah radhiyallahu ’anha, beliau mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda:

”Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.”

Energi manusia terbatas. Aktivitas dan kemampuan manusia berbeda-beda. Maka selain memanajemen waktu dan dirinya, setiap orang yang berusaha memanfaatkan waktu di bulan Ramadan perlu mengisinya dengan amalan-amalan baik yang sedikit tapi rutin.

Seperti seorang yang membaca Alquran satu juz setiap hari. Sebagian membacanya utuh dari salat maghrib hingga salat Isya.

Sebagian membaginya, sehingga dua halaman setelah setiap salat wajib dalam satu hari. Atau seperti seorang yang melakukan salat malam setiap sebelum sahur sebanyak dua rakaat setiap harinya.

Ketiga, Niatkan Rutinitas untuk Ibadah

Setiap orang memiliki rutinitas yang berbeda-beda. Sekolah, kuliah, belajar, mengurus rumah tangga, bekerja dengan berbagai bidang dan jenisnya.

Agar tidak menyesal di akhir Ramadan, setiap Muslim perlu untuk meniatkan rutinitasnya di bulan Ramadan sebagai amal ibadah.

Karena aktivitas muslim yang bernilai kebaikan, akan bernilai ibadah ketika diniatkan mengharap balasan dari Allah Azza wa Jalla.

Mereka yang sekolah dan kuliah, mempelajari ilmu untuk bermanfaat bagi diri dan orang lain.

Mereka yang bekerja untuk mencari nafkah halal baginya dan keluarganya, termasuk para ibu-ibu rumah tangga yang menyiapkan makanan untuk dikonsumsi keluarga, juga akan bernilai ibadah. Terlebih jika menyiapkan sahur bertepatan dengan malam Lailatul Qadar.

Memang dalam sejarah ada beberapa sosok tertentu yang mampu mengkhatamkan Alquran di bulan Ramadan sebanyak sekali setiap hari atau bahkan lebih.

Tetapi dalam konteks kondisi seperti di masa sekarang, itu tampaknya sulit bahkan mustahil. Setiap orang perlu beribadah dengan semampunya saja. (muhammad utama al faruqi)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini