Islam Enteng-entengan Ala PaK AR
KH AR Fakhrudin
UM Surabaya

*) Oleh: Dr. Nurbani Yusuf

lahu al faatihah: aamiin

Sejak mula saya suka sama ulama kharismatik ini. Besyukur saya beberapa kali bertemu. Pidatonya mantab. Auaranya berat dan khas medhog gaya Jogja. Pak AR adalah sosok ulama wasathiyah

***

Pemilik nama asli Abdul Razaq Fakhrudin ini dikenal sebagai kiai zuhud dan tawadu. Tipe seorang bapak yang teduh. Penggembala umat yang santun dan telaten.

Pak AR disukai dan disegani banyak kalangan. Ulama itu memberi jalan mudah ketika umatnya dalam kesulitan, bukan mengajak ke jalan buntu padahal ada jalan keluar.

Meski saya mengenal sebentar, tapi cukup mendapatkan keberkahan ilmunya yang ditampilkan dalam perilaku beliau sehari-hari.

Ada banyak kisah tentang beliau: cerdas, jenaka dan arif. Tak banyak ulama Muhammadiyah yang punya style seperti beliau.

Banyak orang terkesan dan bercerita tentang kebaikannya. Termasuk Prof Mitsuo Nakamura yang mengenang Pak AR dalam kesahajaan.

Teringat doa Ibrahim as agar semua yang dilakukan dijadikan cerita baik bagi generasi sepeninggalnya (waj’alni lisaanan shidqie fil akhiriin).

Pak AR, begitu beliau disebut adalah kumpulan cerita baik, cerdas dan jenaka. Gus Dur pernah bilang, “Janya pak AR yang bisa membuat orang NU menjadi Muhammadiyah dalam semalam.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini