Doa-Doa Harian di Bulan Ramadan
UM Surabaya

Bulan Ramadan adalah waktu yang sangat baik untuk menyerahkan harapan dan cita-cita kepada Allah.

Pada Ramadan juga banyak waktu-waktu yang tepat untuk berdoa. Selain juga terdapat beberapa doa-doa harian yang dibaca ketika bulan Ramadhan.

Waktu Untuk Berdoa

Dalam satu hari terdapat banyak waktu untuk berdoa. Baik di dalam bulan Ramadhan maupun di bulan-bulan lainnya. Seperti antara azan dan ikamah, sepertiga malam (waktu sahur), dan setelah salat.

Sedangkan di bulan Ramadan, terdapat satu waktu di setiap hari yang mungkin jarang dimanfaatkan, yaitu menjelang berbuka puasa.

Maka perlu menyempatkan sekitar 10-20 menit untuk berdo’a hingga waktu maghrib tiba. Walaupun waktu untuk berdoa menjelang berbuka tidak hanya di bulan Ramadan saja.

Orang yang berpuasa sunnah juga memiliki waktu mustajab untuk berdo’a setiap menjelang berbuka ketika dirinya berpuasa.

Sedangkan dalam satu pekan, terdapat pula satu waktu istimewa yang tepat untuk berdoa di dalamnya, yaitu Jumat sore menjelang maghrib, baik di bulan Ramadan maupun selainnya.

Begitu juga antara khotbah pertama dengan khotbah kedua, ketika khatib duduk.

Di bulan Ramadan, disunahkan untuk ber-i’tikaf, atau berdiam diri di masjid yang lebih ditekankan pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan. Karena di malam-malam itu ada kemungkinan mendapatkan malam Lailatul Qadar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini