Hadza Sayamurru
foto: steemit
UM Surabaya

*) Oleh: Sigit Subiantoro
Anggota Majelis Tabligh PDM Kabupaten Kediri

Pada suatu hari, seseorang meminta tukang emas yang tua renta, untuk membuatkan cincin dan menuliskan sesuatu di dalamnya.

Ia berpesan, “Tuliskanlah sesuatu yang bisa disimpulkan dari seluruh pengalaman dan perjalanan hidupmu agar bisa menjadi pelajaran bagi hidupku.”

Setelah jadi, pemesan mengambil emasnya, dan membaca tulisan kecil di cincin. Bunyinya, “Hadza Sayamurru” (ini akan berlalu)

Awalnya ia tidak paham dengan tulisan itu, sampai suatu waktu, tatkala menghadapi persoalan hidup yang pelik, tak sengaja ia membaca tulisan di cincin itu, “Ini Akan Berlalu”, lalu ia pun menjadi lebih tenang.

Dan, tatkala ia sedang bersenang-senang, ia pun tak sengaja membaca tulisan di cincin itu, “Ini Akan Berlalu”, lantas ia menjadi rendah hati kembali.

Ketika kita mempunyai masalah besar atau pun sedang dalam kondisi terlalu gembira, ingatlah kalimat, “Ini Akan Berlalu”.

Akhirnya ia sadar, bahwa tidak ada satu pun di dunia ini yang abadi. Jadi, ketika punya masalah, jalanilah, dan jangan terlalu bersedih.

Demikian juga ketika kita sedang senang, nikmatilah, dan syukurilah.

Ingat, apa pun yang kita hadapi saat ini, semuanya akan berlalu.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini