Meniti Jejak Kemuliaan Sahabat di Tengah Kesilauan Dunia
foto: shutterstock

*) Oleh: Dr. Slamet Muliono Redjosari

Alquran menggambarkan pengorbanan Nabi Muhammad dalam menegakkan panji Islam, dan kesabaran para sahabat dalam menemani nabi.

Para sahabat sabar dalam mengikuti nabinya termasuk dalam menghadapi perlawanan yang dilakukan oleh orang-orang kafir Quraisy.

Nabi Muhammad berhasil mendidik mereka sehingga mau mengorbankan dirinya dalam menopang dakwah.

Kesabaran mereka dalam menjalani masa-masa sulit bersama nabi tidak lain didorong oleh spirit agung, yakni mendapatkan kemuliaan.

Hal ini berbeda dengan keadaan kaum muslimin jauh sepeninggal beliau, di mana menginginkan kemuliaan dengan cara instan hingga berani menabrak aturan-norma agama.

Kesabaran Memilih Akhirat

Alquran menggambarkan kerelaan para sahabat dalam menjalani hidup di masa-masa sulit bersama nabi. Mereka hidup dalam ancaman dan tekanan kaum Quraisy.

Namun kekokohan iman tidak menggentarkan hatinya untuk tetap membala Islam. Bahkan mereka tergerak untuk menjalankan apa saja yang diperintahkan Nabi tanpa membantahnya. Hati mereka telah tertanam rasa benci terhadap kekafiran.

Kesulitan hidup yang demikian ini justru menambah ketaatan dalam menjalankan perintah dan larangan yang disampaikan Nabi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini