UM Surabaya

Makna Merawat

Kata merawat diambil dari makna rawat artinya versi KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah take care  bisa dimaknai dengan pulih, memperbaiki, membongkar, memeriksa sesuatu secara menyeluruh.

Kata lain dari merawat juga diartikan dengan memelihara, menjaga, mengurus, dan membela. Sebaliknya makna perawatan adalah sebuah proses, sebuah cara, pemelihaaraan, penjagaan.

Demikianlah makna kata merawat mengandung arti yang begitu luas dengan prinsip dasar adalah menjaga dan memelihara yang sudah ada kemudian mengembangkan lebih lanjut yang sudah ada itu sehingga menjadi update dan berdaya guna dalam sebuah proses yang terus menerus perbaikannya disesuaikan dengan tantangan zaman di mana perawatan itu dilakukan.

Jadi berbanding terbalik dengan istilah  “ruwat” sebagaimana penulis baca sebuah buku dengan judul “Meruwat Muhammadiyah” ditulis Angkatan Muda Muhammadiyah tahun 2018 (?) dengan maksud jika dibaca isinya “membuang” sesuatu unsur negatif dalam tubuh seseorang.

Akan tetapi, konteks niat penulis meruwat ormas Muhammadiyah dari unsur-unsur negative bin mafsadat yang dapat merusak sendi-sendi kekuatan dan kemajuan ormas yang digagas KH. Ahmad Dahlan  112 tahun yang lalu itu.

“Ruwatan itu contoh kontemplatif (semedi, perenungan mendalam, muhasabah) untuk mengingatkan agar seseorang tidak terjerumus (tenggelam) dalam prilaku yang tidak baik dan untuk selalu menjalankan hidup “Hamemayu Hayuning Bawana”, jelas Budya Pradipta, Gubes UI seorang pakar kejawen.

Iyalah AMM ingin juga mengingatkan pengelola ormas Islam Muhammadiyah karena faktor cinta dan sayangnya jangan sampai “zig-zag” supaya berjalan on the tract melaksanakan Amanah yang diberikan kepada para pengurus mulai dari Tingkat PP sd dengan Tingkat PRM.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini