27 Wartawan Media Muhammadiyah Jawa Timurr Ikuti Uji Kompetensi
Ketua Majelis Pustaka Informasi dan Digitalisasi PW Muhammadiyah Jatim Dr Aribowo membuka pembekalan atau pra UKW.

Sebanyak 27 wartawan lingkungan di Persyarikatan Muhammadiyah Jawa Timur mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan IX, Sabtu-Ahad (2-3/3/2024). Untuk itu para peserta mendapat pembekalan atau Pra UKW, Jumat (1/3/2024) di Kantor PWM Jatim Jalan Kertomenanggal IV Surabaya.

Ketua Majelis Pustaka, Informasi, dan Digitalisasi (MPID) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur Dr Aribowo MS  membuka pembekalan tersebut. Hadir sebagai pemateri Mantan Direktur Pemberitaan Kantor Berita Antara Aat Surya Syafaat yang kini sebagai penguji  di Lembaga Penguji UKW Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

“Saya berharap teman-teman benar-benar memanfaatkan UKW ini untuk meningkatkan profesionalitas sebagai wartawan. Dan lewat pembekalan ini para peserta lebih paham sehingga diharapkan lulus semua,” ujar Aribowo.

Aribowo menambahkan, pihaknya berkepentingan agar para wartawan Muhammadiyah memiliki kompetensi dan ini adalah yang pertama di Muhammadiyah Jatim. Untuk itu, MPI PWM Jatim selanjutnya menggandeng UMJ dan MPI PP Muhammadiyah.

“Ini penting karena biar wartawan media Jatim punya kompetensi, ini sebagai ukuran profesionalitas. Kalau UKW kan diuji kemampuan jurnalis untuk reporter dan wartawan Muhammadiyah. Jadi ini memperkuat profesionalisme wartawan dan jurnalis televisi agar menjadi kompeten,” imbuhnya.

Pembekalan berlansung hybrid. Para peserta yang berasal dari Surabaya Sidoarjo mengikuti di Aula Mas Mansyur Kantor, Kantor PW Muhammadiyah. Sedangkan peserta lain mengikuti via zoom.

Sebanyak 27 peserta dari sejumlah media Muhammadiyah di Jawa Timur, mulai PWMU.CO, maklumat.id, majelistabligh.id, Majalah Matan, Suara Muhammadiyah, peserta dari tvMu, dan PWMU.TV.  (*/sw)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini