Sambut Ramadan, PRM Jetis Dau Gelar Kajian dan Jalan Sehat
Ramadan Ceria PRM Jetis-DAU Malang
UM Surabaya

Menyambut Bulan Ramadan, Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Jetis Kecamatan Dau Malang menggelar kajian di Masjid Al Furqon, Ahad (3/3/2024). Tak kurang dari 70 orang lebih yang turut hadir untuk menimba ilmu pada kajian yang dipandu oleh Ustaz Amir Rifa’I itu.

Ketua PRM Jetis H. Abdur Rahim mengucapkan terimakasih kepada jajaran takmir masjid Al Furqon yang sudah menyiapkan tempat bahkan hidangan untuk kegiatan kajian tersebut.

“Syukur alhamdulillah kajian rutin di Ranting Jetis akhirnya bisa dimulai lagi, setelah lama vakum karena pandemi,” ujarnya.

Dijelaskannya, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Dau pun senantiasa memberi dukungan untuk kegiatan yang diadakan ranting, termasuk kajian tarhib Ramadan kali ini. Kegiatan ini sengaja diadakan untuk menyambut sesuatu yang baik (tarhib), yakni datangnya Bulan Ramadan 1425 Hijriyah.

Sementara itu, Ustaz Ainur Rofiq selaku perwakilan dari PCM Dau mengaku bersyukur atas semangat masyarakat di berbagai ranting dalam mengadakan dan menghadiri kajian-kajian untuk menyambut bulan Ramadan.

“Terima kasih kepada PRM Jetis dan jajaran Ta’mir masjid Al Furqon atas terselenggaranya kegiatan ini,” ujarnya.

Kajian Tarhib Ramadan ini disampaikan oleh Ustaz Azhar Muttaqin, SAg, M.Ag.

“Kenapa sering kita mendengar kalimat “Marhaban yaa ramadan”, kok tidak ahlan wa sahlan, karena dengan kata Marhaban itu mengandung makna bahwa kita ini merasa bahagia dengan datangnya bulan Ramadan, bulan penuh ampunan. Mengapa Ramadan menjadi sangat penting, karena Ramadan menjadi momentum seseorang untuk senantiasa menahan hawa nafsu atau kecenderungan yang mengarah ke hal negative,” jelasnya.

Ustaz Azhar melanjutkan bahwa Rasulullah sangat bersuka cita menyambut bulan suci Ramadan, dengan melipat gandakan amalan-amalan shalih, seperti: shalat, membaca Al Qur’an, sedekah dan lain sebagainya.

Adapun yang perlu disiapkan untuk menyambut Ramadan adalah: 1. Persiapan Ilmu 2. Persiapan niat yang baik 3. Persiapan Fisik 4. Persiapan Harta dan 5. Persiapan Target Diri.

Kegiatan tarhib Ramadan kali ini dimeriahkan dengan agenda jalan sehat yag diadalan oleh Takmir Masjid Al-Furqan pada Ahad paginya, yang dihadiri oleh ratusan peserta dengan ratusan hadiah bagi yang beruntung. (fatih ihsani)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini